Follow kami di google berita

KECAMATAN TALISAYAN LAKSANAKAN PROGRAM PENCEGAHAN PENYAKIT KAKI GAJAH (FILARIASIS)

Puskesmas Talisayan

ANEWS, Talisayan – Program Pencegahan Penyakit Kaki Gajah (Filariasis) di Kecamatan Talisayan yang sudah berlangsung sekitar 5 tahun itu masih terus digalakkan, khususnya di musim penghujan seperti saat ini, Teddy Samudro, A.Md Kep, Pejabat Program Filariasis di Puskesmas Talisayan menyampaikan, Selasa 26/1 di Talisayan.

Saat ini Puskesmas Talisayan gencar membagikan obat cacing di 16 RT, yang tidak saja dapat mencegah infeksi tetapi juga untuk menghindari komplikasi filariasis, dengan mengkonsumsi obat cacing seperti Albendazole 400 Mg.

Teddy Samudro, A.Md Kep, Pejabat Program Filariasis di Puskesmas Talisayan

“Ini program yang sudah 5 tahun berjalan dan ini program pencegahan Kaki Gajah Filariasis sebetulnya ini program dosis terakhir, kemarin pelaksanaannya dari Desember sampai terakhir nanti di Januari 2021 ini, dan Alhamdulillah di masa pandemi ini masih bisa berjalan walaupun sebetulnya banyak kendala kita karena Kecamatan Talisayan masih banyak yang positif ya, cuma kita berusaha semaksimal mungkin dimana program ini tetap bisa berjalan,” kata Teddy.

Dan tambah Teddy pemberian dosis terakhir ini sudah ada yang minum dan gejalanya hampir tidak ada efek sampingnya.

“Kebanyakan gejala seperti rasanya agak sedikit kayak ngantuk-ngantuk aja,” ujarnya.

Pemberian obat cacing pencegah Kaki Gajah (Filariasis) ini diberikan kepada usia 2 sampai 70 tahun, tetapi yang sehat tanpa resiko hipertensi dan penyakit berat.

Menurut Teddy dari 10 kampung sudah berjalan pembagian obat cacing untuk mencegah penyakit infeksi Kaki Gajah (Filariasis), dan kalaupun ada yang belum dapat, sambil diberikan supaya bisa maksimal pemberiannya.

Kata Dia setelah program ini nanti juga ada program lanjutan yaitu pencegahan cacingan khusus untuk target usia 1 sampai dengan 12 tahun. (daeng)

Bagikan

Subscribe to Our Channel