APEL KESIAPSIAGAAN PENANGANAN BENCANA ALAM, BERBAGAI ALAT DAN SDM DIPERSIAPKAN

Apel Kesiapsiagaan Penanganan Bencana Alam

ANEWS, Tanjung Redeb – Bertempat di halaman Kantor Bupati Berau, sejumlah tim gabungan dari TNI-Polri, BPBD, PMI dan Satpol PP menggelar apel konsolidasi atau persamaan persepsi untuk kesiapsiagaan bencana alam tahun 2020, Kamis (12/11/2020).

Dalam kegiatan ini, Pjs Bupati Berau, Muhammad Ramadhan yang bertindak sebagai inspektur upacara, menilai meski sejauh ini Berau masih tergolong kategori aman dari musibah bencana alam, namun kesiapsiagaan tetap diperlukan jika sewaktu-waktu terjadi bencana, apalagi lagi sekarang masuk musim penghujan di periode La Nina.

“Sebagaimana diketahui pada umumnya menjelang akhir tahun volume curah hujan akan terus meningkat dan tentunya berpotensi menyebabkan berbagai bencana antara lain banjir, angin puting beliung maupun lainnya yang dapat mengganggu dan membahayakan aktivitas kehidupan masyarakat,” jelas Ramadhan.

Dalam sambuatannya, Ramadhan juga menyebut ada tiga kategori yang harus diperhatikan sebagai acuan waktu berlangsungnya bencana alam, yakni siaga bencana, terjadinya bencana dan pasca bencana sebagaimana yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 24 tahun 2007 tentang penanggulangan bencana.

“Sebagai aparatur pemerintah kita tentu berharap apel kesiapsiagaan ini dapat menunjukkan kepada masyarakat bahwa kita sangat serius dalam upaya penanganan bencana alam sebelum terjadi di wilayah Kabupaten Berau,” tuturnya.

Ramadhan juga menghimbau kepada tim gabungan dari berbagai instansi baik dari aparat keamanan dan bagian pemerintahan Kabupaten Berau untuk bersinergi dengan masyarakat guna menjaga Bumi Batiwakkal dari segala macam ancaman bencana alam yang kapan saja bisa muncul.

“Hasil dari pelaksanaan apel ini diharapkan satuan pasukan penanganan bencana Kabupaten Berau yang merupakan gabungan satuan penanggulangan bencana dari TNI, Polri, Pemda dan organisasi peduli bencana dapat lebih mampu untuk bergerak cepat tepat dan efisien baik pada saat siaga maupun pada tanggap darurat bencana,” pungkasnya.

Sementara itu kepala BPBD Berau, Thamrin mengatakan apel yang dilaksanakan tersebut bagian dari koordinasi dengan stakeholder instansi terkait dalam rangka penanggulangan bencana secara umum.

“Baik itu bencana alam, hidrometeorologi maupun Karhutla, dan bencana-bencana lainnya. Apalagi saat ini kan kita menghadapi iklim cuaca La Nina,” kata Thamrin.

“Maka ini paling penting untuk kita persiapkan di antaranya personel dan peralatan kita dalam mengantisipasi terjadinya bencana,” tutupnya.

Apel tersebut, diakhiri dengan pemeriksaan alat yang nantinya digunakan untuk membantu tugas tim di lapangan saat mengevakuasi warga. (myk)

Bagikan