Follow kami di google berita

Komisi II Kaltim Imbau Agar Tetap Perhatikan Bandara Sepinggan Jelang IKN

Ilustrasi Bandara Sepinggan. (IST)
Ilustrasi Bandara Sepinggan. (IST)

Anews.id, Samarinda – Walaupun Bandara VVIP Ibu Kota Nusantara (IKN) segera dalam proses pembangunan, Pemprov Kaltim pun diminta Sapto Setyo Pamono untuk tetap memperhatikan Bandara Sepinggan Balikpapan.

Sapto berpendapat, Bandara Sepinggan pun memiliki peranan penting. Yakni berperan sebagai pintu gerbang krusial yang perlu peningkatan dalam hal pelayanannya.

Ia menambahkan alasan yang mendasari Bandara Sepinggan pun mesti mendapatkan perhatian. Kendati akan dilakukan pembangunan Bandara VVIP IKN, namun penumpang penerbangan maskapai domestik pun banyak yang masih memilih Bandara Sepinggan.

“Bandara itu adalah pintu masuk Kaltim. Artinya dengan adanya IKN, meski ada bandara VIP khusus, namun penumpang domestik tetap di Sepinggan,” ujarnya.

Sebagai tambahan informasi, perpanjangan landasan pacu telah dirancang oleh PT Angkasa Pura I dari jarak 2.500 meter menjadi 3.250 meter. Kemudian agar dapat menampung kuantitas penumpang yang terus meningkat, pada bandara yang lama akan dilakukan proses pelebaran.

“Artinya bandara harus jadi yang terbaik, bagaimana mau masuk ke IKN kalau bandara kita tidak diolah dengan yang terbaik. Sangat bagus pastinya,” lanjut Sapto.

Kendati demikian, telah dilakukan evaluasi dan peningkatan kapasitas yang berkenaan dengan fasilitas di Bandara Sepinggan. Harapannya, terjadi peningkatan lalu lintas bandara dan nilai kelayakan fasilitas yang dimiliki serta dapat dipergunakan dalam jangka waktu yang lama.

“Bandara Sepinggan Balikpapan punya potensi besar untuk mendukung transmisi IKN ke Kaltim yang jadi proyek nasional besar,” tutupnya. (Adv)

Bagikan

Subscribe to Our Channel