Follow kami di google berita

Berau Expo Momen Bangkitkan UMKM, Bupati Minta OPD dan Kecamatan Tampilkan Program Pembangunan

A-News.id, Tanjung Redeb – Pagelaran Berau Expo 2023 yang berlangsung selama 10 ke depan di Lapangan Pemuda Tanjung Redeb, resmi dibuka oleh Bupati Berau, Sri Juniarsih, Rabu (1/11/2023). Pembukaan ditandai dengan pengguntingan pita yang dilakukan langsung oleh Bupati Berau.

Berau Expo 2023 yang digelar mulai 1 November hingga 10 November 2023 mendatang merupakan puncak dari Hari Jadi Kabupaten Berau dan HUT Kota Tanjung Redeb.

Dalam kesempatan ini, Sri Juniarsih menyampaikan rasa syukur karena Berau Expo bisa kembali dilaksanakan setelah beberapa tahun tidak dilaksanakan.

Karena itu, bupati berharap agar Berau Expo ini menjadi media untuk memperkenalkan potensi-potensi daerah dan memamerkan program-program yang selama ini dicapai oleh Pemerintah Kabupaten Berau melalui Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Selain itu, Berau Expo 2023 ini juga diharapkan bisa meningkatkan perekonomian para pelaku UMKM yang turut terlibat dalam kegiatan ini. Apalagi antusias UMKM cukup besar berpartisipasi dalam kegiatan ini. Terbukti dari stand yang disiapkan oleh panitia, semuanya terisi penuh

“Berau Expo 2023 ini merupakan momen untuk membangkitkan kembali perekonomian para pelaku UMKM yang ada di Bumi Batiwakkal,” sebut Sri Juniarsih.

Sri Juniarsih juga menegaskan, momen Berau Expo kali ini juga dimanfaatkan pemerintah kecamatan untuk menampilkan potensi kampung dan program kegiatan baik yang sudah selesai maupun yang masih berjalan

“Wajib bagi kecamatan menampilkan progres kegiatan yang sudah dicapai di wilayah masing-masing. Supaya masyarakat tahu apa saja yang sudah dikerjakan dan akan dikerjakan, terutama 18 program unggulan yang sudah dicanangkan bupati dan wakil bupati,” beber Sri Juniarsih.

“Termasuk menampilkan potensi kampung. Ada 100 kampung di 12 kecamatan. Perkenalkan potensi yang ada,” imbuhnya.

Sementara itu, Eksekutif Produser CV Vocus Production selaku EO Berau EXPO 2023, Morten, mengatakan bahwa pihaknya menyediakan 120 stand dan semua telah terisi.

Ia melanjutkan, kegiatan yang digelar selama 10 hari tersebut siharapkan berjalan lancar dan tidak ada kendala apapun.

“Semoga aman dan pedagang bisa mendapat berkahnya,” katanya.

Ia menambahkan, untuk masyarakat Kabupaten Berau yang ingin berkunjung ke Berau Expo 2023, ada beberapa jalur umum yang dialihkan. Seperti Jalan Pemuda akan ditutup satu arah, mulai di depan Kantor Dinas Sosial sampai pertigaan Jalan Pemuda-Pulau Panjang.e Kemudian Jalan Mangga I, akan dialihkan ke Jalan Anggur dan Manggis.

“Untuk parkir bisa menggunakan bahu jalan, tapi satu sisi dan itu gratis semua. Masuk nonton juga gratis,” tegas Morten.

Lanjutnya, jika ada masyarakat yang memiliki lahan yang dikelola untuk parkir kendaraan itu tidak dilarang. Namun diharapkan berkoordinasi dengan Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) untuk korporasi karcisnya.

“Itu kembali ke masyarakat lagi. Kami tidak bisa melarang,” ucapnya.

Sementara masalah listrik selama kegiatan, Morten memastikan pasokan aman dan tidak ada kendala. Pasalnya, selain telah berkoordinasi dengan PLN, pihaknya juga menyediakan mesin genset untuk kegiatan Berau Expo.

“PLN akan membackup kebutuhannya. Kenapa kami minta PLN, karena kita tidak tahu misalnya kekurangan Bahan Bakar Minyak (BBM) dan lain-lain kita alihkan ke PLN, seperti itu,” paparnya.

Ia menambahkan masyarakat diharapkan hadir dan menikmati hiburan yang dipersembahkan dalam Berau Expo ini. Karena selain memamerkan beragam program dan keberhasilan pemerintah kabupaten, juga ada stan-stan UMKM yang menjual beragam kebutuhan, seperti makanan, pakaian, aksesoris, dan lainnya.

“Selain itu pagelaran Berau Expo juga akan dihibur dengan penampilan kesenian daerah, artis lokal dan artis ibukota,” pungkasnya. (ADV/to)

Bagikan

Subscribe to Our Channel