Follow kami di google berita

Penyerahan Bantuan Bibit Buah-Buahan

A-News.id, Tanjung Redeb – Penyerahan bibit buah-buahan secara simbolis oleh Bupati Berau Sri Juniarsih kepada kelompok tani dilaksanakan di areal wadah pembibitan Kemas Rozak di Jalan Gunung Panjang, Selasa (18/10/2022).

Ada tujuh jenis bibit buah yang dibagikan ke petani yakni alpukat, elai, durian, petai, rambutan, porang dan duku. Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Berau Junaidi mengatakan, penyaluran bantuan bibit tersebut merupakan program dari pemerintah daerah yang juga masuk dalam pokor pikiran DPRD.

“Terdiri dari beberapa kelompok tani yang menerima bantuan bibit, ada yang berasal dari Gunung Tabur, Talisayan dan Sambaliung,” katanya.

Junaidi menjelaskan, dari tujuh jenis yang sudah diberikan oleh pemerintah bersama dengan anggota dewan tersebut maka petani bisa menanam di lahan seluas 1.000 hektare dengan estimasi 650 pohon. Sementara mengenai proses penjualan diakui masih menggunakan cara tradisional.

“Mudah-mudahan ke depan kita bisa mengembangkan pola penjualan hasil tani berupa buah-buahan ini,” sambung Junaidi.

Sebagai salah satu sektor andalan dan tonggak usaha pembangunan di Bumi Batiwakkal, Bupati Berau Sri Juniarsih mengatakan, sektor pertanian sudah semestinya mendapat perhatian dalam hal pengembangan teknologi tepat guna.

Menurut orang nomor satu di Berau itu, inovasi teknologi pertanian merupakan suatu keharusan untuk memajukan peningkatan produksi pertanian yang berkualitas menuju swasembada.

Dijelaskan Bupati, pengembangan buah-buahan di Kabupaten Berau sangat menjanjikan sehingga budidaya buah-buahan merupakan peluang yang mampu memberikan kesejahteraan bagi para petani dan masyarakat.

“Perlu diketahui bahwa salah satu sumber pertanian yang memiliki andil terhadap perekonomian masyarakat dan daerah Kabupaten Berau itu adalah komoditas frutikultura,” katanya.

“Untuk itu saya sangat berharap bantuan bibit buah-buahan dapat memberikan manfaaat bagi para petani dan semoga ke depan kita dapat memanen buah-buahan dari tanah sendiri,” pungkasnya. (mik)

Bagikan

Subscribe to Our Channel