Follow kami di google berita

KALTIM STERIL AKAN DIBERLAKUKAN, INI LANGKAH YANG DIAMBIL BUPATI BERAU

ANEWS, Berau – Guna mencegah serta memutus rantai persebaran Covid-19, khususnya di Provinsi Kalimantan Timur. Gubernur Kaltim mengadakan rapat darurat yang dihadiri oleh Forkopimda provinsi, dan bupati/walikota beserta Forkopimda kabupaten/kota seluruh Kaltim, Kamis (4/02/2021).

Pasca rapat tersebut terbitlah instruksi Gubernur Kaltim Nomor 1 tahun 2021, tentang pengendalian, pencegahan dan penanganan Covid-19 di Kalimantan Timur. Terdapat 8 poin penting dalam instruksi Gubernur Kaltim tersebut.

Salah satunya poin pentingnya adalah masyarakat tidak melakukan aktivitas di luar rumah setiap sabtu dan minggu, terhitung sejak 6 Februari hingga waktu yang akan ditentukan kemudian.

Dikutip dari detik.com, Gubernur Kaltim Isran Noor, pasca rapat mengungkapkan, kegiatan Kaltim Steril ini dimaksudkan guna memastikan penyebaran Covid-19 tidak terus terjadi.

“Dari itu kita akan coba nanti selama dua hari untuk meminta masyarakat Kaltim tidak ke luar rumah selama dua hari dan kita akan tutup semua fasilitas publik, termasuk pasar,”

Isran Noor, Gubernur Kaltim

“Namun gubernur itu sifatnya koordinatif, yang memiliki kebijakan otonom itu adalah pemerintah kabupaten dan kota,” jelas Isran Noor.

Tentu hal tersebut memicu tanda tanya masyarakat. Pasalnya, belum adanya surat edaran resmi dari Bupati Berau mengenai tindak lanjut dari intruksi Gubernur Kaltim tersebut.

Karena banyaknya keluhan masyarakat mengenai kabar tersebut, Tim ANews mencoba mencari informasi tambahan. Akhirnya tim mendapatkan informasi dari status instagram Istri Bupati Berau, Fika Yuliana atau yang akrab disapa Fika Tantomo.

Dalam status instagram tersebut diungkapkan bahwa petunjuk teknis Kaltim steril belum diterima oleh pihaknya, dan belum tersosialisasinya dengan baik mengenai kebijakan/instruksi gubernur ini, serta kebijakan Kaltim Steril belum bisa dilaksanakan secara maksimal.

Dalam status instagram tersebut dihimbau pula agar tetap berada di rumah jika tak ada kegiatan penting seperti beribadah atau yang ingin berbelanja. Namun dengan catatan ketika telah selesai langsung kembali ke rumah, dan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Beberapa tempat keramaian pun akan dilakukan penyemprotan oleh tim satgas Covid-19. Diharapkan pula kepada seluruh masyarakat agar dapat menjadi perhatian dan dapat ditaati dengan baik serta penuh kesadaran. (nov)

Bagikan

Subscribe to Our Channel