Follow kami di google berita

Distanak Sebar 1.000 Benih Ikan Nila Dalam Memaksimalkan Pendapatan Petani

A-News.id, Tanjung Redeb — Dinas Pertanian dan Peternakan Berau melaksanakan pemaksimalan lahan pertanian untuk melakukan mina padi di Kampung Melati Jaya, Kecamatan Gunung Tabur.

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Berau, Junaidi mengatakan, tujuan dari kegiatan ini untuk memaksimalkan fungsi lahan sawah, penganekaragaman produksi hayati dan nabati.

“Juga pendapatan petani dan keluarga dan adopsi teknologi,” ujarnya.

Dikatakannya, ada 1.000 bibit ikan nila yang disebarkan di lahan pertanian atau sawah yang dimiliki petani.

“Iya ini untuk meningkatkan pendapatan para petani, jadi mereka bisa dapat dari padi dan ikan yang disebarkan,” katanya.

Diterangkannya, ini ialah salah satu optimalisasi potensi lahan sawah irigasi dan peningkatan pendapatan petani adalah dengan merekayasa lahan dengan teknologi tepat guna.

Cara yang dapat dilakukan yaitu dengan mengubah strategi pertanian dari sistem monokultur ke sistem diversifikasi pertanian, salah satunya adalah dengan menerapkan teknologi budidaya Mina Padi dengan sistim tanam jajarlegowo.

Dengan adanya pemeliharaan ikan di persawahan selain dapat meningkatkan keragaan hasil pertanian dan pendapatan petani juga dapat meningkatkan kesuburan tanah dan air juga dapat mengurangi hama penyakit pada tanaman padi.

“Semoga dengan adanya program ini, bisa menambah penghasilan dari petani,” tandasnya.(poh)

Bagikan

Subscribe to Our Channel