Follow kami di google berita

20 CABOR AKAN DIPERTANDINGKAN DI POPDA XVI KALTIM YANG DISELENGGARAKAN DI BERAU JULI – AGUSTUS 2021

ANEWS, Berau – Ada 20 cabang olahraga yang akan dipertandingkan di event Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) XVI Kaltim yang akan dilaksanakan di Kabupaten Berau pada 28 Juli sampai dengan 4 Agustus 2021 yang akan datang, yang tersebar di beberapa venues. Kabid Olahraga Dispora Berau, Nuransyah menyampaikan Selasa, 26/1 di kantornya.

Menurut Nuransyah, ke-20 cabang olahraga tersebut adalah karate, judo, bola volley, basket, tenis meja, tinju, atletik, tenis lapangan, sepak bola, panahan, bulu tangkis, taekowondo, gulat, renang, sepak takraw, pencak silat, dayung, dan kempo, serta satu cabang olahraga eksibisi, catur.

“Semua venue sudah siap untuk cabor, dan jadwal kegiatan itu dari tanggal 28 Juli sampai dengan 4 Agustus 2021, selama 8 hari,” ujar Nuransyah.

Kabid Olahraga Dispora Berau, Nuransyah

Popda XVI Kaltim Tahun 2021 ini akan diikuti peserta kontingen dari 10 Kabupaten /Kota se-Kaltim, yang diperkirakan akan diikuti sekitar 1500 peserta yang terdiri dari atlit dan official serta para orang tua pendamping para atlit pelajar itu.

Terkait target yang dicanangkan Kabupaten Berau selaku tuan rumah, Nuransyah mengatakan umumnya memang setiap tuan rumah itu menginginkan hal yang terbaik namun sesuai komitmen pihaknya meskipun targetnya harus juara tetapi harus tetap mengedepankan sportifitas dan tidak melakukan kecurangan dalam setiap pertandingan.

“Kami sudah berkomitmen pak, meskipun kita harus juara tapi harus tetap sportif lah, jangan ada curang kita tetap ingin yang terbaik pak, tapi tetap harus sportifitas, ujarnya.

Sementara terkait persiapan yang dilakukan penyelenggara Popda XIV Kaltim dengan Kabupaten Berau sebagai tuan rumah, Kasi Pembinaan Prestasi Dan Organisasi Olahraga – Dispora Berau, Abdul Haris mengatakan pihaknya dalam waktu dekat ini akan mengadakan pertemuan technical due diligence, wasit se-Kaltim, rencananya tanggal 9 Januari 2021.

“Kalau biaya ini sudah berproses kita melaksanakan secepatnya itu pak untuk juri wasit dan penentuan nomor tanding sudah memfinalkan itu, termasuk dibicarakan teknisnya nanti di technical meeting, nanti pada saat mau tanding,” kata Abdul haris.

 

Abdul Haris, Kasi Pembinaan Prestasi Dan Organisasi Olahraga – Dispora Berau

“Nah itu kalau yang lain-lainnya sambil berproses pak, dalam waktu dekat kita akan lakukan Sayembara Mascot Popda XVI, itu tahapannya kita mascot baru nanti dikirim ke bagan kota sebagai lambang Popda XVI Kaltim, adapun nanti dalam waktu dekat juga akan meninjau venue dayung, nanti apakah di Merancang atau Teluk Sulaiman, kita ambil dekatnya di Merancang, katanya.

Sedangkan terkait tempat penampungan atlit peserta dan official kontigen, Abdul haris mengatakan pihaknya memerlukan sekitar 700 kamar hotel.

“Sudah kami sortir itu pak tinggal kita masalah covid lagi, jadi kalau untuk prokes ini nanti kan masih jauh (pelaksanaannya-red) kemaren kan arahan bupati masih nda bisa menjawab juga karena ini dalam tahapan vaksinasi ya. Nah itu siapa tahu ke depan bulan terkahir ini kita penurunan kasus jauh, kita bisa juga makanya pak, tahapan kita jalankan apabila tidak dijalankan sewaktu ini jadi nah,” ujarnya.

Jadi tahapan persiapan tetap dijalankan dengan memperhitungkan penerapan protokol kesehatan covid-19 di setiap kegiatan pelaksanaan popda nanti. (jul)

Bagikan

Subscribe to Our Channel