Follow kami di google berita

KUPP Kelas II Tanjung Redeb, Gelar Acara BIMTEK Penggunaan Layanan E-Blanko Pada Aplikasi SEHATI kepada Pengguna Jasa.

A-News.id, Tanjung Redeb — Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas II Tanjung Redeb ( Hotman Siagian,S.SiT,SE,MM) bersama Bendahara Penerima (Ibu Suryani) dan Staf menggelar Bimtek aplikasi SEHATI (Sistem Elektronik Hubla Terintegrasi), Sabtu (24/9/2022).

Kegiatan ini dilaksanakan agar pengguna jasa memahami penggunaan modul eblanko pada aplikasi SEHATI serta untuk meningkatkan Pelayanan Publik, sesuai dengan Surat Edaran Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Nomor : SE.38 Tahun 2020 tentang Optimalisasi pemanfaatan Aplikasi Sehati (Sistem Elektonik Hubla Terintegrasi) dalam peningkatan pelayanan publik di Lingkungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, dan Instruksi Direktur Jenderal Perhubungan Laut Nomor : IR-DJPL 3 Tahun 2022 tanggal 12 April 2022 tentang Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik Di Lingkungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut.

Kepala KUPP Kelas II Tanjung Redeb (Hotman Siagian) mengatakan, sesuai arahan dan petunjuk Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, maka diselenggarakan sosialisasi dan bimtek terkait modul dari layanan aplikasi sehati di Kabupaten Berau.

Implementasi Penggunaan E-blanko ini telah di mulai dan dilaksanakan pada tanggal 1 September 2022 oleh seluruh Unit Pelaksana Teknis (UPT Perhubungan Laut), namun selama proses peralihan sistem manual menjadi elektronik,terdapat masa transisi penggunaan E-blangko tersebut dengan diharapkan dapat secepatnya terlaksana.

Dalam hal ini, pihaknya mengundang seluruh pengguna jasa dan stakeholder terkait yang berada dibawah binaan Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas II Tanjung Redeb, yakni : perusahaan pelayaran, perusahaan bongkar muat, TUKS, Tersus serta pemanfaatan garis pantai untuk hadir dalam acara ini.

Diterangkannya, undangan ada sekitar 140 Perusahaan yang berada dibawah binaan pihaknya. Hotman menyampaikan bahwa acara sosialisasi ini digelar untuk percepatan proses E-blanko, sesuai dengan amanat Direktorat Jenderal Perhubungan Laut.

Adapun jenis layanan jasa elektronik pada modul Eblangko, yaitu : Jasa Kepelabuhanan, Jasa Barang, Jasa Kenavigasian, Jasa Perkapalan dan Kepelautan, Jasa Angkutan Laut.

“Hal ini dilaksanakan untuk mempercepat proses layanan dan pembayaran PNBP,” ujarnya.

Lanjutnya, nanti ke depan untuk proses layanan akan menggunakan aplikasi sistem SEHATI di lingkungan Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas II Tanjung Redeb. Sistem aplikasi ini digunakan di seluruh Pelabuhan di Indonesia.

“Sejak September 2022 untuk aplikasi ini telah digunakan, dan kami juga akan melaksanakannya, sebelum tutup tahun,” tandasnya.

Dirinya menyebut, bahwa aplikasi ini telah digunakan dan rilis sejak tanggal 1 September 2022, maka modul layanan E-blanko akan segera dilaksanakan.

“Targetnya di akhir tahun 2022, semua sudah bisa menggunakan aplikasi tersebut,” sebutnya.

Lanjutnya lagi, aplikasi ini digunakan untuk mewujudkan integritas dan transparansi serta efektifitas dan efisien.

“Nanti semua layanan secara online, dan tentunya nanti aplikasi ini akan mempermudah dan peningkatan pelayanan kepada para pengguna jasa,” tandasnya.

Adapun tanggapan dari peserta ( Bapak Ahong : Direktur Utama PT Prima Anugrah Sejahtera Nunsatara) yang merupakan sebagai Ketua Berau Marine Family ( BMF) menyampaikan, apresiasi atas kegiatan ini, karena aplikasi ini adalah sangat mendukung percepatan layanan melalui Aplikasi E-Blangko.

“Saya mendukung penuh atas kemajuan dan peningkatan layanan di Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas II Tanjung Redeb, dengan adanya sistem ini, tentu pelayanan akan lebih cepat dan efektif,” ujarnya.

Di tempat acara yang sama, bahwa Bapak Bambang Sunardi (Kacab PT SPIL Tanjung Redeb) menyampaikan Apreasi atas kegiatan ini dalam rangka percepatan peningkatan pelayanan publik dan diharapkan agar segera dapat direalisasikan.

“Saya harap hal ini dapat segera direalisasikan,” tandasnya. (*)

Bagikan

Subscribe to Our Channel