PENYORTIRAN DAN PELIPATAN SURAT SUARA DIMULAI

Proses pelipatan surat suara pemilihan

ANEWS, Tanjung Redeb – Proses pelipatan surat suara pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Berau pada pilkada serentak, 9 Desember 2020 dimulai hari ini, Kamis (19/11/2020).

Bertempat di gudang logistik Komisi Pemilihan Umum (KPU) Berau yang dipusatkan di gedung Busak Mallur, Jalan Pemuda, Tanjung Redeb, sejumlah pekerja sudah mulai sibuk melipat ratusan ribu surat suara.

Ketua KPU Berau, Budi Harianto menyebut, melalui data dari pihak KPU, untuk surat suara yang dilipat kali ini berjumlah 165.519 lembar, sedangkan untuk kotak suara yang tersedia ada 570 buah.

“Rencana sekitar tiga hari kedepan (19-21 November 2020,red) akan dilakukan penyortiran dan pelipatan suara,” katanya.

Bahkan, dalam tahanpan ini pula, pihak KPU juga akan memastikan satu persatu surat suara dalam keadaan baik, tanpa ada kerusakan, cacat serta indikasi adanya kotak suara yang rusak.

“Itu kita pilah, kita hitung kemudian kita minta yang baru lagi ke pabrik, dan itu kita lakukan segera setelah selesai penyortian, ada berapa yang rusak itu yang kita ajukan,” tambah Budi.

Setelah proses sortir dan pelipatan selesai, lanjut Budi, akan dilanjutkan dengan pengecekan kotak suara yang kini juga sudah tersimpan di gudang logistik KPU tersebut.

“Jadi ada beberapa tahapan, jika semuanya sudah selesai maka proses selanjutnya adalah pendistribusian, yang kita agendakan H-3 sebelum pemilihan,” ucapnya. (myk)

Bagikan