Follow kami di google berita

Akses ke Pantai Derawan Dibuka Kembali untuk Umum

A-News.id, Tanjung Redeb – Penutupan akses menuju Pantai Derawan oleh pihak PT BMI di RT 1 Kampung Pulau Derawan, jadi perhatian Pemerintah Kecamatan Pulau Derawan.

Untuk meluruskan persoalan itu, Pemerintah Kecamatan Pulau Derawan melakukan rapat koordinasi dengan sejumlah pihak terkait, Kamis (28/12/2023).

Rapat yang digelar di Kantor Kampung Pulau Derawan itu dihadiri Kepala Kampung Pulau Derawan, Badan Permusyawaratan Kampung, Ketua RT, Babinsa, Kapospol dan Danpos AL,
Harry Gunawan selaku kuasa dari pihak PT BMI, Camat Pulau Derawan, Kapolsek Pulau Derawan, dan Danramil Pulau Derawan.

Berdasarkan hasil rapat, ada beberapa hal yang disepakati. Salah satunya, jalan yang ditutup akan dibuka kembali untuk umum seperti semula. Jalan yang berada di PT BMI itu bisa kembali dipergunakan oleh masyarakat kampung Pulau Derawan dan wisatawan.

Adapun hasil rapat koordinasi tersebut yaitu:

1. Sesuai dengan hasil pembicaraan melalui telepon saudara Harry Gunawan antara bapak Nawawi Candra sebagai pemilik PT BMI dengan Camat, Kapolsek, Danramil dan kepala kampung telah dihasilkan kesepakatan bahwa portal yang terpasang di PT BMI akan dibuka bebas seperti semula tanpa ada pengaturan waktu.

2. Jalan tersebut yang berada di PT BMI bisa kembali dipergunakan oleh masyarakat Kampung Pulau Derawan dan wisatawan sebagaimana biasanya untuk menuju wilayah timur Pulau Derawan ( ujung Pantai Derawan)

3. Selama Nataru untuk keamanan PT BMI akan dibantu oleh semua pihak.

Sebelumnya, muncul kabar penutupan akses menuju pantai di Pulau Derawan. Dari informasi warga setempat, penutupan jalan menuju pantai itu terletak di kawasan Derawan Dive Resort atau dikenal dengan BMI.

“Jalan ke pantai mau ditutup pihak resort. Kecuali tamu mereka aja,” tulis warga yang tak ingin disebut identitasnya.

Penutupan itu juga terlihat dari terpasangnya portal di gerbang Resort. Dari keterangan warga, di gerbang itu terdapat tulisan dilarang masuk selain tamu BMI.

Penutupan akses itu juga terekam kamera warga.

“Dilarang lewat sini, di tutup. Orang mau ke BMI gak bisa jadinya. Dilarang masuk selain tamu BMI,” kata warga dalam video berdurasi 14 detik itu.

Menurut warga, penutupan akses menuju pantai itu sengaja dilakukan pihak resort untuk mengalihkan wisatawan yang ingin ke pantai menuju Hutan Pinus yang diketahui juga dikelola pihak resort.

“Mereka ada buka area baru namanya Hutan Pinus, jadi kayanya supaya wisatawan ke sana semua (Hutan Pinus),” ujar warga. (*/tim)

Bagikan

Subscribe to Our Channel