PENGUNJUNG KE DERAWAN MENINGKAT 80-90% JELANG AKHIR TAHUN, MESKI DI TENGAH PANDEMI

Pulau Derawan

ANEWS, Pulau Derawan – Meski di tengah Pandemi Covid-19, wisatawan yang berkunjung ke Pulau Derawan meningkat sampai 80 -90% dari hari-hari biasa, menjelang liburan akhir tahun, Indra, aparat Kampung Derawan menyampaikan saat dihubungi ANews, Selasa, 29/12.

Terjadinya lonjakan pengunjung saat menjelang liburan akhir tahun ke Pulau Derawan maupun Maratua, memang sudah diperkiraan akan terjadi seperti tahun-tahun sebelumnya, namun tidak menyangka kalau di masa pandemic covid-19 akan terjadi seperti sekarang ini.

“Terhitung dari tanggal 24 sampai 27 itu sangat luar biasa untuk pengunjungnya meningkat sekitar 80-90% dari normal seperti biasa sebelum pandemi,” ungkap Indra.

Indra juga menambahkan protokol Kesehatan juga diterapkan oleh segenap jajaran pemerintah Kampung Derawan, Babinsa, Kapolpos dan masyarakat terkait di Pulau Derawan, seperti peggunaan masker, cuci tangan dan social distancing.

“Setiap penginapan dan rumah makan selalu menyediakan tempat mencuci tangan di depan masing-masing tempat penginapan dan rumah makan,” imbuhnya.

Sementara, tambah Indra, penerapan potokol kesehatan dilakukan satu pintu, yang dimulai saat pengunjung tiba di dermaga Pulau Derawan, dimana pengunjung dari luar Kabupaten Berau wajib memiliki hasil Rapid Test.

“Ketika mereka datang ke dermaga satu pintu, ada pemeriksaan dari pemerintah kampung dan puskesmas,” kata Indra.

Dengan melonjaknya pengunjung ke pulau Derawan diharapkan tetap melaksanakan porokol kesehatan yang ketat, baik dari pemakaian masker, mencuci tangan dengan sabun, gunakan hand sanitizer dan menjaga jarak serta menghindari kerumunan saat beraktivitas selama liburan di Derawan. (jul/nov)

Bagikan