Follow kami di google berita

HABIB HASAN ASSEGAF TUTUP USIA, PELAYAT MEMBLUDAK HADIRI PROSESI PEMAKAMAN

ANews, Pasuruan – Habib Hasan bin Muhammad bin Hud Assegaf Pasuruan, tutup usia pada Minggu (27/12/2020) selepas subuh. Habib Hasan Assegaf ialah ulama yang dikenal bersahaja dan dicintai banyak kalangan.

Jenazah Habib Hasan Assegaf disalati dan dimakamkan di lingkungan Masjid Agung Al-Anwar, Pasuruan. Ribuan pelayat hadir dari berbagai daerah memberikan penghormatan kepada ulama kharismatik tersebut.

Sebelum Pemakaman Habib Hasan bin Muhammad bin Hud Assegaf dilaksanakan, ribuan pelayat rela berdesakan untuk bisa masuk ke masjid agar bisa mengikuti salat jenazah. Masjid dua lantai itu penuh jemaah bahkan meluber ke jalan hingga sisi barat alun-alun. Pemakaman dilakukan sekitar pukul 14:00 WIB.

Habib Hasan Assegaf

Bahkan saat prosesi pemakaman hal yang sama masih terjadi, Satgas covid-19 Kota Pasuruan mengungkapkan kejadian tersebut benar-benar diluar dugaan, dan jumlahnya sangat membludak.

“Kejadian seperti pada pemakaman Habib Hasan memang di luar dugaan kami. Beliau memang tokoh agama yang disegani sehingga masyarakat dalam jumlah yang sangat besar ingin mengikuti pemakaman beliau,” kata Jubir Satgas COVID-19 Kota Pasuruan Kokoh Arie Hidayat, Senin (28/12/2020).

Kokoh mengutarakan tak sempat melakukan langkah antisipasi seperti penyekatan dan sosialisasi protokol kesehatan.

“Konteksnya berbeda dengan kegiatan-kegiatan sebelumnya atau yang terjadi di daerah lain. Masyarakat hadir dengan sendirinya tanpa direncanakan sebelumnya karena memang situasinya berbeda,” terang Kokoh.

Satgas berharap tak terjadi hal yang tak diinginkan terkait penyebaran COVID-19. “Kita akan lihat kemungkinannya kasus per kasus COVID. Tracing akan dilakukan berdasarkan temuan-temuan kasus positif,” pungkasnya. (detik.com/jul)

Bagikan

Subscribe to Our Channel