Follow kami di google berita

Bantu Penuhi Target Capaian Vaksinasi, PMI Berau Salurkan Vaksin ke Warga Pulau Derawan

A-News.id, Tanjung Redeb – Penyaluran vaksinasi untuk warga Berau hingga kini masih terus berlangsung. Bahkan beberapa wilayah pelosok tak luput dari sasaran penyuntikkan vaksin covid-19.

Bahkan untuk di Kabupaten Berau capaian vaksinasi masih berkisar kurang dari 70 persen, atau di bawah standar untuk mencapai target herd immunity.

Guna mendukung percepatan capaian kekebalan kelompok (herd immunity) yang cakupannya masih cukup rendah tersebut, Palang Merah Indonesia (PMI) Berau menyisir bagian daerah yang jauh dari pusat ibukota, salah satunya Kampung Pulau Derawan, Kecamatan Pulau Derawan, Sabtu (2/10/2021).

PMI sengaja memilih lokasi daerah yang berada di pelosok lantaran memantau perkembangan vaksinasi ke warga, hampir rata-rata fokus ke Kecamatan yang rawan penularan. Hal tersebut, bukan tanpa sebab, dari penuturan Dinas Kesehatan Berau penyaluran vaksinasi memang diutamakan ke daerah yang faktor resiko penularan covid-19 nya tinggi.

“Pertama, selain kita membantu program pemerintah untuk mencapai presentase vaksin setinggi-setingginya, yang kedua kita lihat memang vaksinasi di Berau ini belum seluruhnya merata, masih banyak daerah yang tidak terjangkau karena fokus di sekitaran kota saja,” tutur Ketua PMI Berau Agus Tantomo.

“Jadi kita coba lakukan vaksinasi massal di luar kota Tanjung Redeb, dan hari ini kita laksanakan di kampung Pulau Derawan,” tambahnya.

Pada kegiatannya tersebut, jatah dosis vaksin yang disiapkan PMI sebanyak 170. Dan akan dibagi ke dua kali penyuntikkan yakni dosis satu dan dosis dua.

Tak hanya Kampung Pulau Derawan, Mantan Bupati Berau itu juga menyanggupi penyaluran vaksinasi ke daerah terpencil lainnya yang ada di Kabupaten Berau, dan tentu saja hal tersebut dikatakannya, jika Pemerintah Daerah dalam hal ini Dinas Kesehatan masih mempercayai kinerja dari PMI.

“Ini daerah yang pertama kita laksanakan, sebelum kami (PMI) sudah ada penyaluran vaksinasi, kita tambahi saja. Dan dari perbandingan antara jumlah penduduk dengan warga yang sudah tervaksin untuk di Pulau Derawan ini masih sangat sedikit,” ucapnya.

Disambung oleh Koordinator Vaksinasi Kampung Pulau Derawan Hadianto, memang untuk penyaluran vaksinasi ke rumah warga setempat tidak semudah yang dibayangkan. Karena kebanyakan dari warga yang masih berasumsi negatif soal vaksinasi yang berujung enggan dan khawatir kalau akan disuntik vaksin covid-19.

“Kalau sekarang masyarakat cukup antusias, tetapi memang ada sebagian yang memang belum memahami tentang vaksin covid-19. Makanya kita sempat memancing minat warga dengan melakukan sosialisasi secara door to door, akhirnya banyak yang memahami terkait pentingnya vaksin itu dan mau untuk divaksin,” jelasnya.

Untuk di Kampung Pulau Derawan ini, jumlah warga yang telah tervaksin sudah sebanyak 450 orang, jumlah itu masih cukup rendah dari target sasaran sebanyak 1.150 jiwa.(redaksi A-News)

Bagikan

Subscribe to Our Channel