Selalu Tergenang Air Pasca Hujan, DPUPR Bakal Evaluasi dan Cari Solusi

A-News.Id, Tanjung Redeb – Sejumlah ruas jalan kerap tergenang air setelah diguyur hujan. Hal itu pun kerap menjadi keluhan masyarakat.

Salah satu titik yang terendam air adalah kawasan di Jalan Jendral Gatot Subroto, Kelurahan Sei Bedungun dan Jalan Durian III Kelurahan Gunung Panjang.

Hal itu pun diakui Kabid Preservasi Jalan dan Jembatan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Berau, Junaidi.

Dirinya mengatakan,
lokasi ruas jalan depan DPRD pada ketika hujan turun lebat sempat terjadi genangan air pada 1 jalur jalan hingga mendekati median jalan.

“Iya, jika hujannya deras, pasti ada genangan di sana,” ujarnya.

Terjadinya genangan tersebut selain karena debit air hujan yang cukup besar juga diakibatkan drainase permukaan yang mengalirkan air dipermukaan jalan ke dalam saluran tidak berfungsi maksimal. Hal itu disebabkan saluran air tertutup sedimen tanah yang membuat kapasitas pipa drainase berkurang.

“Itu karena tersumbat,” jelasnya.

Kondisi ini membuat pengaliran air terhambat dan menimbulkan genangan sekitar 15 hingga 30 menit setelah hujan.

“Ketinggiannya juga lumayan,” tuturnya.

Menurutnya, perlu maintenace rutin pipa drainase untuk membersihkan sedimen yang sering menutup dipermukaan. Dan kedepannya drainase pengaliran air dari permukaan jalan ke dalam saluran akan dievaluasi menggunakan grill besi tangkapan air yang berkapasitas besar sehingga lebih cepat mengalirkan air ke dalam saluran.

“Ini perlu dilakukan, agar masalah itu tidak terulang terus,” tandasnya. (Adv/ Poh)

Bagikan