SATU LAGI PASIEN COVID-19 MENINGGAL DUNIA

Prosesi pemakaman

ANews, Tanjung Redeb – Pasien yang meninggal dikarenakan covid-19 di Kabupaten Berau kembali bertambah satu orang, jenazah pun telah dikuburkan di tempat pemakaman covid-19, di Jalan Bukit Ria, Kelurahan Gunung Panjang, Kecamatan Tanjung Redeb, Senin (16/11/2020).

Diketahui jenazah berinisial PS, berjenis kelamin perempuan, berusia sekitar 63 tahun.

Kepala Dinas Kesehatan Berau, Iswahyudi mengatakan, jika sebelumnya pasien tersebut, sudah masuk RSUD beberapa hari lalu, namun bukan sebagai pasien covid-19 melainkan, ada penyakit lain. Selain itu, dari informasi awal pun pasien tidak ada riwayat perjalanan.

“Namun keadaan pasien memburuk dan selanjutnya dilakukan rontgen, dan hasilnya juga kurang bagus. Setelah dilakukan PCR pada, Minggu (15/11/2020), sore kemarin hasilnya ternyata positif covid-19,” ungkapnya di ruang kerjanya.

Setelah menerima hasil tersebut, pasien yang sebelumnya dirawat di ruang Edelwes itu kemudian dipindahkan ke ruang isolasi untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut. Sedangkan, para perawat yang melakukan tindakan medis sebelumnya, memang sudah menggunakan APD tingkat II.

“Sebelumnya merupakan pasien biasa, tapi untuk tenaga medis di RSUD saat ini mereka selalu menggunakan APD tingkat II jika melakukan tindakan terhadap pasien, karena itu merupakan langkah antisipasi awal,” lanjutnya.

Setelah dipindahkan ke ruang isolasi pada minggu sore kemarin, Iswahyudi mengatakan, jika dirinya mendapat informasi bahwa Minggu, (15/11/2020) malam saturasi oksigen pasien sempat turun, namun tadi pagi sempat naik kembali di angka sekitar 70-an.

“Tapi ternyata informasi lain bahwa pasien meninggal dunia,” ujarnya.

Bahkan, lanjut Iswahyudi akan dilakukan penelusuran lebih dalam terkait kasus ini, sebab untuk memastikan apakah benar-benar tidak ada riwayat perjalanan atau mungkin ada. Karena diakuinya, banyak terjadi setelah ada kasus dan didalami ternyata ada riwayat perjalanan dari luar daerah.

“Ada juga kita dengar pasien ini dari Tarakan, tapi kami masih akan melakukan penelusuran lebih jauh lagi,” pungkasnya.

Dengan kasus kematian ini, menambah daftar korban covid-19 di Kabupaten Berau, sebanyak 5 orang. Dengan 2 lainnya dikuburkan di Balikpapan. (myk)

Bagikan