Follow kami di google berita

Sambut Tim Penilai Panji, Bupati Pamerkan Perkembangan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Berau

A-News.id, Tanjung Redeb — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau kedatangan Tim Penilai Panji Keberhasilan Bidang Kepariwisataan dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Berau dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim. Kedatangan tim disambut oleh Pemkab Berau di Balai Mufakat Tanjung Redeb, Sabtu (7/10).

Bupati Berau, Sri Juniarsih menyampaikan bahwa Pemkab Berau telah berkomitmen untuk memaksimalkan potensi pariwisata yang ada di Kabupaten Berau. Hal ini bertujuan demi kesejahteraan masyarakat Berau karena visi misi daerah yakni meningkatkan ekonomi masyarakat melalui pengembangan usaha berbasis pariwisata dan kearifan lokal.

Bahkan di APBD 2023 ini Pemkab Berau telah mengucurkan dana sebesar Rp220 miliar dari total Rp3,6 triliun untuk pengembangan pariwisata. Tak hanya menggunakan APBD, Pemkab Berau juga mengandalkan Bantuan Keuangan (Bankeu) untuk memuluskan akses destinasi wisata ke pesisir.

Kedepannya lanjut Sri, pariwisata merupakan salah satu sektor prioritas dan menjadi sektor andalan Pemkab Berau dan Kalimantan Timur. Pihaknya optimis pariwisata menjadi sektor unggulan mengingat fasilitas penginapan yang kian menjamur dan pelayanan pariwisata yang terus ditingkatkan.

“Berau juga termasuk dalam Kawasan Strategi Pariwisata Nasional (KSPN), Destinasi Pariwisata Prioritas Nasional, dan tercatat memiliki 225 daya tarik wisata termasuk alam, buatan, budaya di darat dan di laut, 18 kampung wisata, serta 10 destinasi wisata unggulan, serta 28 Pokdarwis pengelola ekosistem dan usaha wisata,” katanya.

Disisi lain, pembangunan pariwisata di Kabupaten Berau terus mengalami peningkatan karena menjadi program prioritas. Pemkab juga selalu mendukung penuh setiap event pariwisata daerah dengan melakukan kolaborasi dengan pihak ketiga baik di dalam maupun luar negeri.

“Salah satunya dengan Republik Seychelles untuk pengembangan pariwisata Pulau Maratua dan sekitarnya bersama Tim Percepatan Kerja Sama Pengembangan Staretgis Kepariwisataan Maratua,” jelasnya.

Pemkab Berau juga telah meraih panji keberhasilan yang diberikan pada 9 Januari 2023 lalu. Berau menjadi nomor I dalam pembangunan bidang kepariwisataan tingkat kabupaten. Panji itu diserahkan langsung oleh Gubernur Kaltim, Isran Noor pada rangka perayaan HUT ke 66 Provinsi Kaltim.

Dirinya berharap prestasi ini dapat dipertahankan agar Berau meraih kembali panji keberhasilan ini. Dirinya memastikan potensi kekayaan alam dan budaya di Berau mampu menjadi yang terbaik.

“Kita harus saling mendukung terus bersinergi untuk memajukan pariwisata dan ekonomi kreatif di Kaltim, kita juga butuh dukungan Pemprov Kaltim dan Pemerintah Pusat,” tandasnya. (Yf/adv)

Bagikan

Subscribe to Our Channel