KEBUN DEMPLOT TEKNOLOGI TEPAT GUNA KAMPUNG LABANAN MAKMUR TELAH MEBUAHKAN HASIL

ANews, Berau – Senin Pagi (16/11), Kebun Demplot Teknologi Tepat Guna yang berada di Kampung Labanan Makmur Kabupaten Berau, melaksanakan panen perdana yaitu buah semangka yang dihadiri oleh Ilyas Natsir selaku Kepala Dinas DPMK (Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung) Kabupaten Berau, Dinas Pertanian, Kepala Kampung Labanan, dan beberapa masyarakat terkait.


Kebun Demplot Teknologi Tepat Guna ini sudah berdiri sekitar 3-4 bulan yang lalu dan baru tahun ini diadakan. Awalnya hanya pembinaan dari DPMK, kemudian mendapatkan respon positif oleh masyarakat setempat dan mereka pun bekerjasama untuk merealisasikan pembinaan dari DPMK tersebut dengan membentuk Kebun Demplot Teknologi Tepat Guna ini. Dari DPMK pun dalam membentuk Kebun ini hanya memberi wawasan.“ Kami tidak memberikan sumbangan secara material tapi kami memberikan sumbangan pemikiran, wawasan-wawasan kemudian pemasaran”, ungkap Ilyas.

Ilyas Natsir selaku Kadis DPMK

Mupit Datusahlan selaku Kepala Kampung Labanan Makmur juga menambahkan bahwa kebun ini diperuntukkan untuk kelembagaan RT, DPK, dan LPM. Agar ada wadah kegiatan bersama yang bernilai ekonomis serta bisa membantu sumber pendanaan kelembagaan sekaligus juga memanfaatkan tanah desa yang ada. “Tentu dengan teknologi tepat guna ini kebun ini bisa berkelanjutan, kemudian ramah lingkungan karena penggunaan pupuk pestisida berbahan pestisidanya rendah, serta memanfaatkan pupuk lokal seperti kompos, kotoran ternak ayam, dll.” Tambah Mupit.

Mupit selaku kepala kampung Labanan Makmur

Hasil dari penjualan panen kebun sepenuhnya merupakan kewenangan kelembagaan untuk mengelola hasil dan menginovasi diri.
Ilyas dan Mupit berharap agar masyarakat menjalin kekompakan, saling percaya dan mengerti satu sama lain serta agar masyarakat juga memiliki wawasan yang tinggi khususnya dalam bidang pertanian. (din/sya)

Bagikan