Dinkes Berau Gelar Bakti Sosial Donor Darah

A-News.id, Tanjung Redeb — Dalam rangka hari kesehatan nasional ke-58 tahun, Dinas Kesehatan Berau gelar bakti sosial donor darah bekerjasama dengan Forum Berau Sehat (FBS),  PMI Berau, dan Kwarcab Berau di Sekretariat Forum Berau Sehat Jalan APT Pranoto Tanjung Redeb, Sabtu (5/11/2022).

Kegiatan ini dilaksanakan pada pukul 08:00 pagi hingga pukul 14.00 wita. Dikatakan bendahara umum FBS, Fitrial Noor, kegiatan ini diikuti peserta dari FBS, kwarcab pramuka serta siswa siswi yang berasal dari SLTA yang ada di Tanjung Redeb, Kabupaten Berau.

Diakuinya, kegiatan ini diharapkan mampu menambah stok darah di PMI Berau, mengingat kebutuhan darah pasien di RSUD Abdul Rivai terbilang cukup tinggi.

“Tentu kita harus memberikan support kepada PMI dalam membantu tersedianya stok darah,” ujar Pipit sapaan akrabnya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Kesehatan Berau, Halijah Yasin dalam sambutannya mengatakan saat ini banyak kasus kekurangan darah di Kabupaten Berau sehingga dapat memicu penyakit anemia, hipotensi, dan beberapa penyakit lainnya.

“Contohnya kasus kecelakaan maupun ibu melahirkan jika terjadi pendarahan,” ucapnya.

Diriny menambahkan saat ini tingkat permintaan darah lebih tinggi dari pada stok darah yang ada.

“Jadi tidak seimbang,” bebernya.

Dirinya mengakui PMI Berau saat ini sering terjadi kekurangan stok darah, tentunya hal ini dapat membahayakan nyawa pasien yang membutuhkan.

Dirinya berharap dengan adanya kegiatan ini dapat meningkatkan rasa peduli dan menyayangi antar masyarakat serta dapat menjadi agenda tahunan.

“Itu saya harapkan,” tandasnya. (Yf)

Bagikan