Wabup Ingin Venue Cabor Triathlon Keamanannya Ditingkatkan

A-News.id, Maratua – Pekan olahraga provinsi (Porprov) ke-VII Kalimantan Timur dengan Kabupaten Berau sebagai tuan rumah tinggal menghitung hari. Berbagai kesiapan venue pun terus diperhatikan oleh Panitia Besar Porprov (PB-Porprov).

Seperti yang dilaksanakan oleh Wakil Bupati Berau Gamalis. Ia bersama dengan Asisten II Setkab Berau Agus Wahyudi, Camat Maratua Ariyanto dan Kapolsek Maratua Iptu Suradi mendatangi lokasi yang akan dijadikan arena cabang olahraga triathlon.

Triathlon atau Trilomba merupakan cabang olahraga yang Trilomba atau Triathlon adalah kompetisi yang terdiri dari beberapa cabang olahraga, yaitu renang, balap sepeda, dan lari yang dilakukan secara berkesinambungan dalam satu kesatuan waktu.

Dikatakan Gamalis, cabor tersebut akan melalui star di kawasan UPT Dermaga Maratua dan akan berlanjut hingga jalan poros Kampung Payung-Payung namun begitu dari peninjauan yang dilaksanakan ada beberapa yang menjadi pertimbangan. Diantaranya gelombang yang cukup tinggi hingga spek keamanan dermaga yang perlu dibenahi.

Memperhatikan hal tersebut pula, diakuinya perlu ada simulasi bagi para atlet dengan tujuan untuk menyesuaikan arus gelombang dan spesifikasi tempat serta keamanan venue digelarnya trilomba tersebut.

“Hal yang tidak diinginkan itu yang harus kita hindari pokoknya keamanan yang paling penting, selain prestasi tentu keamanan yang kita keamanan,” katanya saat peninjauan, Sabtu (5/11/2022) sore hari.

Namun demikian, diakui wabup jika pun tidak memungkinkan penggunaan dermaga sebagai titik start dirinya berharap ada tempat alternatif lain sebagai lokasi. Jikapun tetap mempertahankan dermaga sebagai titik start maka PR bagi PB Porprov yakni meningkatkan dermaga dari segi keamanannya.

“Ini harus sesegera ditinjau kembali untuk memastikan, dan harapannya bisa ada alternatif jika pun tidak keamanan tadi yang harus kita tingkatkan,” katanya

“Itu juga melihat sempat atau tidaknya, kan ada tempat, waktu ada lokasi. Kalau pun tidak sempat waktunya ya sudah disini (UPT Dermaga) tapi keamanannya harus diperbaiki,” tandasnya.

Mendengar penyampaian wakil bupati, Kapolsek Maratua Iptu Suradi menyatakan, secara umum siap untuk melakukan pengamanan saat pelaksanaan porprov mendatang yang juga nantinya diakuinya akan diback up pula dari jajaran Polres Berau.

“Kalau sprintnya itu dari Polres kalau untuk di Maratua sendiri, personel yang ada akan saya maksimalkan untuk mensukseskan pelaksanaan porprov ini,” katanya.

“Untuk pengamanan sprint (lari cepat) dari Polres yang menentukan,” tutupnya. (Adv/mik)

Bagikan