Follow kami di google berita

Pemkab Berau Lakukan Pencegahan Stunting

A-News.id,Tanjung Redeb — Pemerintah Kabupaten Berau Gelar kegiatan Pencanangan Gebyar Bulan Timbang, Pemantauan Tumbuh Kembang, dan Pemberian Vitamin A pada Balita, di Posyandu Cucok Rowo RT 1 Kampung Maluang, Kecamatan Gunung Tabur.

Bupati Berau, Sri Juniarsih menyampaikan, kegiatan ini merupakan implementasi dari Surat Edaran (SE) Menteri Kesehatan RI yang terbit 30 Juli 2019 tentang integrasi operasi timbang dengan, pemantauan perkembangan, dan pemberian kapsul vitamin A.

Kemudian ditindaklanjuti SE Bupati Berau pada tanggal 12 Juli 2022 tentang pelaksanaan Gebyar Bulan Timbang, Pemantauan Tumbuh Kembang, dan Pemberian Vitamin A pada Balita.

“Hal ini sebagai wujud ikhtiar dengan memastikan kualitas kesehatan tumbuh kembang anak-anak di Kabupaten Berau secara intensif,” ujarnya.

Sri menyebutkan, aman mendorong pihak terkait dalam meningkatkan SDM yang cerdas dengan memperhatikan kualitas kesehatan anak.

Hal Ini menjadi penting untuk mencegah angka kasus stunting dengan melakukan identifikasi sejak dini.

“Secara khusus saya berpesan kepada dinas terkait, untuk semaksimal mungkin meningkatkan jumlah kunjungan ke posyandu pada bulan penimbangan hingga 80 persen,” tuturnya.

Dirinya berharap, kegiatan ini dapat dilaksanakan di seluruh wilayah Kabupaten Berau, termasuk kampung-kampung terjauh agar pembangunan kesehatan di Berau dapat merata.

Lanjut, untuk Kepala kampung serta PKK dan penggerak posyandu yang hadir, kata dia, bersama-sama memastikan dan mengkondisikan balita setiap bulan Februari dan Agustus untuk mengkonsumsi vitamin A di posyandu terdekat.

“Dengan ini kita bisa lebih menekan angka Stunting. Kegiatan ini juga sudah dilaksanakan di beberapa tempat,” pungkasnya. (poh)

Bagikan

Subscribe to Our Channel