Follow kami di google berita

Kemenparekraf dan Komisi X DPR RI Persiapkan Konten Kreator Dongkrak Potensi Wisata Daerah

A-News.id, Tanjung Redeb — Pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur semakin matang. Kabupaten Berau digadang-gadang bakal jadi destinasi wisata unggulan dan daya tarik untuk wisatawan. Untuk itu, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dan Komisi X DPR RI mempersiapkan para konten kreator guna menggenjot promosi wisata yang ada di Bumi Batiwakkal.

Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Hetifah mengatakan, Kabupaten Berau memiliki ragam potensi pariwisata. Mulai dari wisata sejarah, budaya hingga wisata bahari.

Dengan segudang potensi keindahannya, kata dia, sayang jika promosi pariwisata hanya dilakukan oleh pemerintah saja.

Menurutnya, butuh peran aktif dari masyarakat. Termasuk kaum milenial yang melek terhadap digitalisasi saat ini.

“Ya kami hadir di sini untuk mensupport para konten kreator agar lebiu semangat dalam mempromosikan destinasi wisata,” ujarnya kepada Anews.

Hetifah menjelaskan, bahwa Berau telah jauh lebih unggul dari daerah lain dalam mengelola wisatanya. Bahkan, destinasi wisata di Berau pun telah menjadi perhatian dunia.

“Di Berau ada segitiga karang dunia, ini menjadi spot diving yang kerap dikunjungi oleh turis manca negara,” sebutnya.3

Dengan banyaknya destinasi wisata di Berau, peran dari konten kreator pun jadi sangat penting. Banyak ide menarik yang bisa digarap di lokasi wisata.

“Seperti tadi, ada yang membuat film pendek, itu sangat luar biasa. Bahkan, kami menilai kualitas film pendeknya sama seperti produksi Kemenparekraf,” tuturnya.

Sementara itu, Wakil Ketua I DPRD Berau, Syarifatul Syadiah yang turut hadir dalam kegiatan penguatan peran konten kreator dalam mendukung pengembangan destinasi di desa wisata harus didukung dengan program.

Dikatakannya, DPRD Berau akan mendukung program penguatan peran konten kreator dalam mempromosikan destinasi wisata di Berau.

“Desember mendatang, kita akan adakan lomba untuk para konten kreator, semoga ini menjadi semangat teman-teman konten kreator,” tuturnya.

Asisten I Sekretariat Kabupaten (Setkab) Berau, Hendratno mengaku, sangat mengapresiasi kegiatan yang terlaksana.

Melihat potensi yang ada pada konten kreator saat ini, dirasa perlu mendapat perhatian serius juga dari Pemkab Berau.

“Karena ini banyak anak muda, maka mungkin nanti akan bisa difasilitasi oleh Dinas Pemuda dan Olahraga,” ucapnya.

Tidak hanya itu, Hendratno pun menyebut, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata serta Dinas Perpustakaan Berau juga tidak boleh tutup mata melihat potensi para konten kreator yang ada.

Menurutnya, para konten kreator di Berau seharusnya bisa terfasilitasi lebih baik lagi.

“Mereka adalah SDM yang luar biasa. Mereka adalah aset yang dimiliki, maka harus dibina dengan baik, serta harus didukung. Apalagi ini berdampak baik bagi daerah,” pungkasnya.(poh)

Bagikan

Subscribe to Our Channel