Juni Mendatang, 54 Wartawan Kaltim Siap Ikuti UKW

ANEWS, Samarinda – 54 orang wartawan Kalimantan Timur dipastikan siap mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW), yang dilaksanakan oleh Dewan Pers, bekerjasama dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI).

Sesuai jadwal, kegiatan tersebut direncanakan berlangsung selama 2 hari yakni sejak tanggal 3 hingga 4 Juni 2021 mendatang di Samarinda.

Ketua PWI Kaltim Endro S Efendi menyebut, tahapan pendaftaran peserta UKW mulai dibuka sejak Januari silam dan akhir Pebruari dinyatakan ditutup. Karena kuota peserta sudah terpenuhi, bahkan banyak dari wartawan yang mendaftar untuk mengikuti UKW ini terpaksa menunggu di kursi cadangan.

“Dari kuota yang disediakan sebanyak 54 peserta, namun formulir pendaftaran yang masuk ke PWI Kaltim sebanyak 75 orang,” ungkapnya saat dihubungi melalui sambungan seluler.

Lebih lanjut terang Endro sapaan akrabnya, dari seluruh berkas calon pendaftar yang masuk ke PWI telah dilakukan seleksi kelengkapan berkas dan disesuaikan dengan urutan berkas yang masuk. Bagi calon pendaftar yang hingga batas akhir waktu belum melengkapi berkas, maka panitia pun terpaksa menggugurkan. Namun begitu kata Endro, bagi calon peserta yang telah mendaftar namun belum ikut UKW ini, maka pihaknya akan menyimpan berkas dan akan kembali menghubungi calon peserta saat PWI akan kembali menggelar UKW.

Diterangkan Endro, pelaksanaan UKW ini akan dibagi menjadi 9 kelas. Masing-masing 2 kelas utama untuk jabatan pemimpin redaksi dan redaktur pelaksana. 2 kelas madya untuk jabatan redaktur dan 5 kelas muda untuk jabatan reporter. Namun sebelum dilaksanakan UKW, seluruh peserta akan mengikuti tes antigen yang dilaksanakan pada hari H UKW.

“Untuk UKW utama dan madya diikuti masing-masing 12 orang peserta. Kategori UKW muda diikuti 30 peserta. Setiap peserta nantinya akan diberikan pendalaman materi UKW,” pungkasnya. (Ris)

Bagikan