Follow kami di google berita

MASA JABATAN PEMANGKU ADAT AKAN BERAKHIR, MASYARAKAT MINTA H. AJI BAMBANG KESUMA PIMPIN KEMBALI

ANews, Berau – H. Aji Bambang Kesuma yang merupakan pemangku adat wilayah kesultanan Gunung Tabur, akan habis masa jabatannya pada 10 Februari mendatang. Sabtu (06/02/2021).

Tokoh yang akrab disapa Haji Bambang itu membenarkan tentang hal tersebut kala diwawancarai tim ANews di rumahnya. Dirinya mengungkapkan bahwa benar memang masa jabatannya sebagai pemangku adat akan segera berakhir. Tetapi masyarakat meminta agar dirinya kembali menjadi pemangku adat wilayah kesultanan Gunung Tabur.

“Iya benar tanggal 10 masa jabatan saya sebagai pemangku adat wilayah kesultanan Gunung Tabur akan berakhir, namun segenap masyarakat meminta saya untuk kembali menjadi pemangku adat,”

“Saya pun tidak mengetahuinya, saya tahu setelah diberikan ucapan selamat oleh profesor Nanik Widayanti selaku Sekjen Forum Silaturahmi Keraton Nusantara (FSKN), sebenarnya saya juga ya sudah yang lain saja yang memimpin, nah mereka bikin petisi dan menandatanganinya,” bebernya.

Sekretaris (Tengah) Pemangku Adat Kesultanan Gunung Tabur

Senada dengan Haji Bambang, Endin Supandi yang merupakan Sekjen lembaga adat tersebut mengungkapkan pendirian lembaga adat ini awalnya didirikan oleh Haji Bambang.

“Lembaga pemangku adat itukan memiliki badan hukum, dan tujuan dibentuknya lembaga adat ini ialah membantu masyarakat, khususnya melestarikan adat istiadat leluhur kami,”

“Awalnya yang dirikan beliau, Hingga akan berakhirnya masa jabatan, masyarakat banyak yang menginginkan Haji Bambang kembali memimpin lembaga adat Gunung Tabur,” imbuhnya.

Dirinya mengharapkan agar kedepannya kepemimpinan lembaga adat wilayah Kesultanan Gunung Tabur dapat lebih baik khususnya membantu masyarakat serta mempertahankan adat istiadat Banua. (jul)

Bagikan

Subscribe to Our Channel