Follow kami di google berita

Kelurahan Sambaliung Beri Klarifikasi Terkait Bangunan Yang Diprotes Warga

A-News.id, Sambaliung — Postingan warga terkait bangunan di atas fasilitas umum memancing banyak prasangka netizen. Postingan berupa permintaan klarifikasi oleh akun facebook bernama Talingkasa meminta penjelasan mengenai bangunan yang rencananya akan dibangun permanen.

“Apakah aturan sekarang telah memperbolehkan membangun di sepanjang jalan/diatas TROTORA dan Taman Tepian,” ucap Talingkasa dalam postingan media sosial facebooknya.

Dirinya meminta klarifikasi dengan menyebutkan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kaltim dan Pemkab Berau agar dapat memberikan penjelasan mengenai bangunan ini.

“Bangunan ada yang di cor, dikeramik dan bertingkat dua selayaknya toko dan rumah pribadi,” sambungnya.

Merespon atas postingan yang dilontarkan masyarakat sebagai bentuk kritik, Sekretaris Lurah Sambaliung, Yudha memberikan penjelasan saat dimintai keterangan. Dikatakannya, pendirian bangunan ini berdasarkan Surat Keputusan Dinas / Instansi terkait oleh pembina desa prima dengan visi misi.

“Tujuan dibangunnya outlet Desa Prima Basuli ini akan dijadikan sentra produk rumah tangga dan kerajinan warga kelurahan Sambaliung dan sekitarnya, yaitu Kopi Banua, Pagaddi angka 8, tudung, kemasan kalampuri dan produk lainnya yang berhubungan dengan produk kreasi warga,” jelasnya, Senin (10/10/2022).

Outlet ini juga nantinya akan mempromosikan produk komoditas lokal dan UMKM di sepanjang Tepian Sambaliung sebagai binaan dari Dinas Budaya dan Pariwisata dan Diskoperindag Berau terkhusus wilayah Kelurahan Sambaliung.

Dijelaskannya pula bahwa Outlet Prima Basuli bukan milik pribadi, sehingga outlet ini akan berorientasi pada keuntungan bersama untuk warga yang memiliki keahlian, keterampilan atau himpunan warga yang berhubungan dengan ekonomi kreatif dalam suatu wadah bersama.

Selain itu, dirinya juga menjelaskan bahwasanya lokasi yang dipilih telah diberi izin oleh RT setempat. Dengan beberapa pertimbangan dan keseimbangan booth PKL Basuli Tepian Sambaliung lainnya.

“Dan juga telah memperhatikan produk olahan dari masing-masing rombong PKL. OPD yang terkait dalam outlet desa Prima Basuli adalah Dinas Pemberdayaan Peremouan, Dinas Pariwisata dan Disperindakop serta Dinas Kesehatan,” ungkapnya. (y*)

 

Bagikan

Subscribe to Our Channel