Follow kami di google berita

Persiapan Lonjakan Para Pencari Kerja Pasca Kelulusan

A-News.id, Tanjung Redeb — Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Berau persiapkan diri untuk mengantisipasi lonjakan para Pencari Kerja (Pencaker) tahun 2023. Sebagai langkah awal, Disnakertrans akan melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah tingkat SLTA Sederajat untuk memberi bekal saat mencari kerja kedepan.

Kepala Disnakertrans Berau, Masrani menyebutkan, upaya ini dilakukan karena siswa yang telah lulus kemungkinan besar ada yang melanjutkan kuliah dan ada yang langsung mencari kerja. Sebagai tindak lanjut program unggulan kepala daerah agar dapat meningkatkan skill Sumber Daya Manusia (SDM) di Berau, pihaknya akan mengadakan pelatihan dengan kuota yang banyak.

“Kita akan melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah, karena mereka ini persiapan mencari kerja, karena kita antisipasi untuk teman-teman yang tidak melanjutkan kuliah dan langsung kerja, tentu dengan cara kerjasama dengan perusahaan contohnya dengan mengadakan pelatihan mekanik,” jelasnya.

Dengan berbekal skill yang telah diberikan oleh Disnaker, Disnaker akan mencoba merekomdasikan hasil dari pelatihan ke perusahaan yang telah diajak kerja sama untuk dimagangkan.

“Setelah magang dan kerja mereka bagus kan itu bisa menambah ilmu mereka, tentunya bisa diterima oleh perusahaan itu untuk kontrak lanjutan,” ujarnya.

Selain memberikan bekal untuk dapat bekerja ke perusahaan, Disnaker juga akan memberikan pelatihan untuk para warga yang ingin berusaha sendiri, salah satunya usaha Bandeng tanpa duri dan pengelolaan sayur hidroponic.

“Nanti ada servis AC, cuci AC, Bandeng tanpa duri dan pengelolaan sayur hidroponic, itu akan kita sosialisasikan,” ungkapnya.

“Saya juga pernah dengar dulu ada pembagian bibit ternak bebek, mungkin progam itu juga kami aktifkan kembali,” tandasnya. (/adv/y*)

Bagikan

Subscribe to Our Channel