Follow kami di google berita

EDUKASI MASYARAKAT TENTANG KESEHATAN DAN KESIAPSIAGAAN, PMI BERAU GELAR KOICA SAFETY AT HOME

A-News.id, Tanjung Redeb — Setelah membentuk Duta Kemanusiaan di Universitas Muhammadiyah Berau dan memberikan pelatihan kepada mereka, akhirnya PMI Kabupaten Berau menugaskan mereka untuk melakukan edukasi kesehatan dan kesiapsiagaan di masyarakat melalui kegiatan KOICA Safety at Home.

Kegiatan yang digelar pada tanggal 25 dan 26 Juni 2022 ini dilakukan oleh 5 kelompok Duta Kemanusiaan di 5 wilayah sasaran yakni di Kelurahan Rinding, Kelurahan Bugis, Kelurahan Gayam, Kelurahan Sei Bedungun dan Kelurahan Sambaliung dengan jumlah masyarakat yang di edukasi sebanyak 30 orang di masing-masing wilayah.

Lurah Bugis HM Hidayat melalui Sekretaris Lurah Ida Sutiana, sangat antusias menyambut kegiatan ini dan berharap dapat diselenggarakan kembali di masa yang akan datang. “Kami senang karena menjadi salah satu wilayah sasaran kegiatan Koica ini. Dan Pak Lurah berpesan agar di masa yang akan datang, kegiatan seperti ini dapat kembali dilakukan oleh PMI dan pihak UM Berau dengan tema-tema yang lain”, ungkapnya.

Sementara itu Lurah Sambaliung, Didi Mulyadi mengatakan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat bagi warganya. “Ini sangat bermanfaat. Materi yang disampaikan juga saya harap dapat diterapkan oleh masyarakat terutama ketika mengalami kejadian kedaruratan ketika berada di dalam rumah. Jadi saya berharap ikutilah kegiatan ini dengan serius sehingga ilmu yang diberikan oleh fasilitator dapat dimengerti dengan baik”, ujarnya.

Dalam edukasi kali ini, Duta Kemanusiaan menyampaikan materi kesehatan dan kesiapsiagaan skala rumah tangga yaitu, Pertolongan Pertama, Kedaruratan Medis, Penanganan Luka Bakar, Perawatan Keluarga, Konsep Dasar HIRA (Hazard, Identification, Risk, Assessment) dan Pemadaman Api.

Ketua PMI Kabupaten Berau, H Agus Tantomo mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan puncak dari perekrutan dan pelatihan Duta Kemanusiaan di UM Berau pada kegiatan KOICA Goes to Campus. “Jadi inilah puncaknya. Para mahasiswa sudah kami latih. Dan mereka pun mentransfer seluruh materi pelatihan tersebut kepada masyarakat melalui konsep edukasi yang kegiatannya disebut KOICA Safety at Home. Intinya kita ingin masyarakat mengetahui bagaimana menangani kedaruratan dan masalah kesehatan ketika berada di lingkungan rumah tangga”, ujarnya.

Selain mendapatkan edukasi, masyarakat yang hadir juga diberikan bingkisan berupa minyak goreng, cairan pembersih lantai, Covid Kit dan First Aid Kit. Ditambah doorprize berupa ransel sekolah untuk anak-anak. (hum_pmiberau)

Bagikan

Subscribe to Our Channel