Follow kami di google berita

Bupati Ajak Masyarakat Tuntaskan Vaksinasi Booster

A-News.id, Tanjung Redeb – Pemerintah secara resmi sudah menentukan vaksinasi booster atau dosis ketiga sebagai syarat perjalanan. Ketentuan itu dituangkan dalam surat edaran (SE) Satgas Covid-19 No. 21 Tahun 2022 tentang Ketentuan Perjalanan Orang dalam Negeri Masa Pandemi Covid-19.

Pemerintah membuat kebijakan ini karena tingkat vaksinasi booster nasional yang masih rendah. Bahkan hingga 19 Juli 2022, cakupan vaksinasi booster baru mencapai 53,3 juta dosis atau 25,6% dari target vaksinasi covid-19 nasional, sebagaimana dikutip dari katadata.co.id.

Padahal menurut Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Prof. Wiku Adisasmito target pemenuhan vaksinasi booster nasional adalah sebanyak 30%. Dengan begitu, masyarakat diharapkan mampu mendukung target pemerintah untuk mencapai cakupan vaksinasi booster tersebut.

Langkah ini dilakukan agar Indonesia dapat mencapai ketahanan dan kesehatan masyarakat yang tinggi sehingga dapat terlindung dari penularan virus Covid-19. Selain melakukan vaksinasi booster, masyarakat juga tetap harus menerapkan protokol kesehatan.

“Diharapkan pemerintah dan masyarakat bersama-sama terus berupaya mempercepat cakupan vaksinasi termasuk booster dan kedisiplinan protokol kesehatan. Jika kedua upaya ini dilakukan secara kolektif maka Indonesia dapat mencapai ketahanan dan kesehatan masyarakat yang tinggi,” kata Wiku.

Mengenai hal tersebut, Bupati Berau, Sri Juniarsih pun mengatakan, masyarakat sudah semestinya sadar akan pentingnya vaksinasi booster untuk mendukung terciptanya kekebalan kelompok di suatu wilayah (herd immunity). Apalagi menurut dia, saat ini pandemi covid-19 masih berlangsung.

Belum lagi banyaknya informasi yang ia peroleh mengenai, masih ada daerah yang kembali harus berperang melawan tingginya kasus covid-19. Belum lagi arus penumpang dari luar daerah pada sejumlah moda transportasi baik laut, darat dan udara masih sangat ramai. Yang dikhawatirkan dapat berdampak pula ke Bumi Batiwakkal atau sebutan lain dari Kabupaten Berau.

“Untuk mengantisipasi itu semua saya berpesan kepada masyarakat untuk melakukan vaksin yang ketiga, ini sebagai langkah dan upaya untuk meningkatkan imunitas tubuh sehingga tidak mudah terpapar covid-19,” pesan Bupati Berau, Sri Juniarsih.

Sejauh ini, kata Bupati imbauan demi imbauan kepada masyarakat, agar senantiasa mau melakukan vaksinasi booster sudah kerap dilakukan bekerjasama dengan stakeholder TNI-Polri di tiap kecamatan.

“Untuk sementara cakupan vaksinasi booster kita masih sangat rendah, sekitar 30 persen, sementara untuk targetnya 75 persen,” pungkasnya. (mik)

Bagikan

Subscribe to Our Channel