Seorang Pasien Isoman di Kelurahan Gayam Meninggal Dunia

A-News.id, Tanjung Redeb – Seorang pasien yang menjalani isolasi mandiri di kelurahan Gayam, Tanjung Redeb dilaporkan meninggal dunia, Senin (16/8/2021).

Korban yang diketahui berinisial MM (60) berjenis kelamin perempuan itu sebelumnya sempat menjalani isoman selama satu minggu.

Mendapat laporan tersebut, petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Berau langsung bergerak ke TKP di Gang Al Khairatul Amin RT 6 untuk mengevakuasi korban.

Kejadian tersebut sontak membuat satgas setempat kaget, lantaran MM diketahui sebelumnya dalam keadaan normal dan tidak ada keluhan apapun. Namun secara mengejutkan, pada Senin (16/8/2021) malam hari sekitar pukul 00.00 pihak keluarga melaporkan MM sudah dalam keadaan tidak bernyawa.

“Keadaannya normal yang jelas (MM) ini sehat,” ungkap Ketua RT 6 Gayam Eka.

“Dari laporan itu langsung kita beritahukan ke satgas Kelurahan, BPBD dan Puskesmas,” tambahnya.

Dari kejadian ini, petugas puskesmas Gayam akan memperluas wilayah pelacakan (tracking) sebagai antisipasi pencegahan penularan covid-19 di lingkungan tempat tinggal mendiang.

“Sebelum meninggal almarhumah ini awalnya satu orang yang terkonfirmasi positif di rumahnya, kemudian kita lakukan pelacakan dan pemeriksaan ditemukanlah tambahan 4 orang termasuk almarhumah,” jelas Petugas Puskesmas Gayam Franky.

“Sebelum ada kasus meninggal ini kita sudah duluan lakukan pelacakan sebenarnya. Namun dengan adanya kasus meninggal ini nanti kita rancang lagi rencana mungkin ada pengembangan pelebaran melacakan yang lebih jauh terkait meninggalnya almurhamah,” tambahnya.

Usai dievakuasi korban selanjutnya dibawa ke ruang jenazah Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tanjung Redeb untuk dilakukan pemulasaran. Dan lantaran korban masih dalam keadaan positif covid-19 serta menjalani isoman, maka mendiang akan dimakamkan dengan protokol kesehatan di kuburan khusus covid-19 di jalan bukit ria Tanjung Redeb. (mik)

Bagikan