Perumda Air Minum Batiwakkal beri keringanan bagi pelanggan baru

Tanjung Redeb — Perumda Air Minum Batiwakkal  Kabupaten Berau memberikan keringanan bagi pelanggan baru yang ingin memasang  meteran Sambungan Rumah (SR) bisa membayar dengan mencicil  atau mengangsur sebanyak tiga kali.

“Hal itu mempertimbangkan beban masyarakat pasca kebijakan pemerintah menaikkan  harga Bahan Bakar Minyak (BBM) beberapa waktu lalu,” kata Direktur Utama Perumda Air Minum Batiwakkal Saipul Rahman di Tanjung Redeb, Senin.

Ia mengatakan, Perumda air minum Batiwakkal masih terus membuka peluang bagi  masyarakat yang ingin mendapatkan sambungan air bersih. Bagi masyarakat yang ingin menjadi pelanggan maka Perumda memberikan keringanan untuk pembayaran pemasangan boleh   mengansur sebanyak tiga kali.

“Melihat animo masyarakat yang terus mendaftar untuk memperoleh layanan air bersih, namun banyak juga keluhan yang masuk terkait kondisi ekonomi, akirnya kami jajaran Direksi  memutuskan bisa dengan cara mencicil tanpa mengurangi standar nilai yang ada,” jelas Saipul.

Ia berharap  dengan kebijakan itu  mampu mengurangi beban masyarakat, khususnya para calon pemasang meteran baru yang sedang kesulitan ekonomi.

“Apapun yang saat ini kami lakukan juga merupakan bentuk peningkatan pelayanan kami kepada masyarakat luas,“ katanya.

Sekadar diketahui sebelumnya Perumda Air Minum Batiwakkal  pernah berencana akan menaikkan tarif air bersih per kubiknya, namun hal itu batal karena berbagai pertimbangan.

Hal itu sebenarnya boleh saja dilakukan jika mengacu  pada Permendagri Nomor 21 tahun 2020 tentang perhitungan dan  penetapan tarif air minum dan  Perda Nomor 2 tahun 2020, serta SK Gubernur Kaltim tentang penetapan besar tarif batas bawah dan batas atas air minum kabupaten/kota di Provinsi Kaltim.(yf)

Bagikan