Follow kami di google berita

Pemprov Kaltim Siap Dukung Untuk Sukseskan MTQ Tingkat Provinsi Dan Nasional

Anews.id, Balikpapan – Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kaltim menggelar rapat koordinasi (Rakor) terkait kegiatan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat provinsi Kaltim ke-43 dan MTQ tingkat nasional ke-29, Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ), di Hotel Grand Senyiur Balikpapan. Pada tanggal 19 dan 20 Ferbuari 2022.

Rakot tersebut diikuti langsung oleh Pengurus LPTQ provinsi, LPTQ kabupaten/kota, Kepala Kantor Kemenag kabupaten/kota se-Kaltim dan Kabag Kesra kabupaten/kota se-Kaltim. Dan Gubenur Kalimantan Timur (Kaltim), Isran Noor, melalui Plt. Sekdaprov Kaltim Reza Indra Riadi.

Dalam sambutannya, Plt. Sekdaprov Kaltim, Reza Indra Riadi mengatakan, selama ini Kaltim menerima berbagai macam penghargaan atas prestasi di ajang Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) di tingkat nasional.

“Namun untuk seleksi Tilawatil Qur’an (STQ), Kaltim belum mampu masuk dalam 10 besar nasional. Untuk itu, berbagai pembinaan dan kerjasama dengan lembaga yang berkompeten harus dilakukan,” ucap Reza Indra Riadi.

Di tempat yang sama, Kasubdit MTQ dan Musabaqoh Al Hadist Direktorat Penerangan Agama Islam, Rijal Ahmad Rangkuty menyebut, 4 tugas dan fungsi LPTQ daerah yang harus dilaksanakan. Pertama, menyelenggarakan MTQ tingkat daerah. Kedua, menyelenggarakan pembinaan tilawah. Yang termasuk di dalamnya adalah baca Al Qur’an, hafalan Qur’an, khot (tulisan indah) puitisasi dan pameran Al Quran.

“Ketiga, meningkatkan pemahaman Al Qur’an, penterjemahan, penafsiran, pengkajian dan klasifikasi ayat Al Qur’an. Ke empat, meningkatkan penghayatan dan pengamalan Al Qur’an dalam kehidupan sehari-hari,” sebutnya.

Ketua III LPTQ Kaltim HM Jauhar Effendi mengatakan, pihaknya terus bersiap untuk meramaikan kegiatan MTQ tingkat provinsi Kaltim dan MTQ tingkat nasional, yang akan dilaksanakan di Kalimantan Selatan pada Oktober 2022 mendatang.

“Dalam waktu dekat ada 2 agenda besar diselenggarakan MTQ, baik itu untuk tingkat Kaltim, yang akan dilaksanakan di Samarinda. Dan MTQ tingkat nasional pada Oktober 2022 ini,” pungkasnya.

Bagikan

Subscribe to Our Channel