Dinas Pangan Berau: Kesiapan Pangan Jelang Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 Aman

A-News.id, Berau – Menjelang tibanya perayaan hari besar keagamaan nasional (HKBN) dan tahun baru 2022 biasanya akan terjadi kenaikan harga barang kebutuhan pokok akibat meningkatnya permintaan dari masyarakat.

Menjelang HBKN Natal 2021 dan tahun baru 2022, Kepala Dinas Pangan Kabupaten Berau, Fattah Hidayat, Selasa (20/10) mengatakan kesiapan pangan menjelang akhir tahun cukup aman, terutama beras, dan pihaknya juga akan mengantisipasi terkait fluktuasi harga barang kebutuhan pokok, khususnya 9 bahan pokok dengan menurunkan tim pengendalian harga dan inflasi dalam menjaga ketersediaan dan stabilitas harga kebutuhan bahan pokok pada periode tersebut.

Hal itu dilakukan, jelas dia, untuk mengantisipasi kenaikan permintaan masyarakat yang berdampak terhadap kenaikan harga bahan pokok seperti daging, ayam, telur dan cabai.

“Biasanya menjelang akhir tahun, itu masalah harga, tapi kita datangkan nanti tim pengendali harga/inflasi,” ujarnya.

Yang jelas, lanjut Fattah, 9 bahan pokok yang biasanya mengalami kenaikan harga yang kadang cukup tinggi seperti daging, ayam, telur dan cabai karena meningkatnya permintaan masyarakat menjelang akhir tahun.

Ditambahkan Fattah, terkait kesiapan pangan, pemerintah (Bulog) dan pelaku usaha juga akan turut mengamankan ketersediaan bahan pokok menjelang HKBN natal dan tahun baru dengan melakukan antisipasi kenaikan permintaan jauh-jauh hari dengan menjaga kecukupan ketersediaan sejak dari beberapa bulan sebelumnya. (red)

Bagikan