2 RT di Kampung Tasuk Belum Teraliri Air Bersih

A-News.id, Gunung Tabur – Sambungan air bersih belum sepenuhnya merata dirasakan oleh warga di Kampung Tasuk, Kecamatan Gunung Tabur, Kabupaten Berau. Sebagaimana diungkapkan Kepala Kampung Tasuk Umansyah saat ditemui, Rabu (30/11/2022).

Dijelaskannya, dari enam rukun tetangga (RT) yang ada di Tasuk, dua diantaranya belum teraliri sambungan air bersih dari Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM). Yakni RT. 5 dan RT. 6 yang lokasinya di kawasan Km. 21 Sambaratta.

Usmansyah juga tak menampik keberadaan Instalasi Pengelolaan Air (IPA) yang berada di kampung membantu warga dalam memperoleh air bersih, hanya saja baru mengairi 4 RT terdekat. Sedang di dua RT tersebut hingga kini warga setempat masih memanfaatkan air sungai, sumur maupun parit buatan.

Untuk diketahui RT. 5 tersebut mempunyai jumlah kepala keluarga (KK) sekitar 60-70 jiwa. Sedang untuk RT. 6 yang didiami oleh orang komunitas adat terpencil (KAT) jumlah KK nya 28 jiwa.

“Maka dari itu warga Tasuk belum sepenuhnya terlayani semua khususnya yang berada di dua RT itu,” katanya.

Selaku orang yang dinomor satukan di kampung, tentu pemerataan air bersih sangat menjadi harapannya. Karena air yang bersih dan sehat merupakan salah satu kebutuhan pokok. Namun di satu sisi Usman pesimis pemerataan sambungan air bersih itu bisa terwujud, karena dua RT yang belum teraliri sambungan tadi berada jauh dari pusat kampung.

“Mungkin ini termasuk barang yang mustahil juga lah, tapi mungkin kan pasti ada opsi yang lain kan bisa dilakukan, namanya pemerintah apa sih yang tidak bisa dibuatkan?,” ujarnya.

“Harapan kita ke depannya dari pihak pemerintah bisa memikirkan itu semua karena bagaimana pun mereka (warga RT. 5 dan RT. 6) itu adalah warga saya,” tandasnya. (mik)

Bagikan