Hadir Jadi Suporter, Rusianto Kiank : Stadion Perlu Dikembangkan Termasuk Kantung Parkir

A-News.id, Tanjung Redeb — Rusianto Kiank harapkan stadion mini olympic di Teluk Bayur dapat ditingkatkan lagi, khususnya pada jalur evakuasi dan kantung parkir.

Melihat euforia para suporter, dapat dijadikan bayangan bersama kalau stadion mini olympic perlu ditingkatkan lagi keamanannya. Pasalnya ribuan penonton yang datang belum menjamin semuanya tertib.

“Kita harus berkaca dari tragedi Kanjuruhan beberapa waktu lalu,” katanya.

Terlihat saat pertandingan Berau vs Kukar, para penonton duduk dengan rapat bahkan ada yang berdiri. Hal ini dikhawatirkan saat terjadi kericuhan para penonton akan ramai-ramai berdesakan untuk menyelamatkan diri masing-masing.

“Dapat kita lihat pembatas antara penonton dengan lapangan bola hanya satu langkah, seharusnya ada pagar pembatas yang berlapis, seandainya ada penonton yang lompat dari tribun masih ada pagar yang menghalang lagi,” ujarnya.

“Kalau bisa ada paret pemisah lagi,” bebernya.

Terlihat juga jalur pintu keluar untuk turun dari tribun sangat terbatas, dapat dibayangkan saat terjadi kericuhan atau ada hal yang tidak diinginkan terjadi.

“Tentu proses evakuasi akan sangat terhambat,” ungkapnya.

Melihat dari sisi ketertiban suporter, dikatakan Kiank sapaan akrabnya, para suporter seharusnya memiliki kordinator lapangan, sehingga warga yang ingin menonton dapat didata terlebih dahulu oleh kordinator per RT/RW.

“Jadi dapat kita perkirakan jumlah suporter yang dapat ditampung dengan jumlah suporter yang akan datang,” jelasnya.

Mantan anggota DPRD Kaltim ini juga menambahkan, antusias warga yang ingin melihat berjalannya pertandingan sungguh antusias, sehingga butuh kantung parkir yang mumpuni.

“Jadi lahan-lahan kosong itu kalau bisa ditimbun lagi, dan disemen, jadi kalau hujan tidak becek,” tukasnya.

“Kalau bisa ada videotron diluar, jadi masyarakat yang tidak bisa masuk stadion bisa menonton dari luar,” ujarnya.

Selain itu, dirinya juga berterima kasih terhadap pihak aparat keamanan yang telah menjaga dan menjamin berlangsungnya pertandingan dengan tertib. Tak jarang juga Kapolres Berau langsung turun ke lapangan untuk memastikan ratusan anggotanya bertugas sesuai prosedur yang telah ditetapkan.

“Terima kasih untuk para keamanan, khususnya POLRI, TNI, Satpol PP, dan aparat lainnya yang menerjunkan anggotanya untuk berjaga di stadion saat pertandingan berlangsung,” bebernya,

Sebagai pertimbangan keamanan, langkah Polres Berau ini terbilang tepat, jangan sampai berlangsungnya Porprov terjadi hal yang tidak diinginkan.

“Jangan sampai Porprov kita ternodai oleh kejadian apapun yang merugikan masyarakat Berau,” tandasnya.

Pada saat penutupan nanti, dirinya berharap agar pihak panitia dapat menyediakan nonton bareng seperti halnya saat pembukaan sebelumnya. Sehingga masyarakat tidak perlu lagi ke stadion untuk datang yang mengakibatkan stadion penuh sesak.

(yf)

Bagikan