Follow kami di google berita

Ops Keselamatan Mahakam 2022, Polres Berau Utamakan Sosialisasi dan Edukasi Berlalu Lintas

A-News.id, Tanjung Redeb – Polres Berau melalui Sat Lantas akan kembali menggelar operasi keselamatan Mahakam mulai 1 Maret sampa 14 Maret 2022, dengan tujuh fokus pelanggaran yang akan dilakukan tindakan.

Pelanggaran tersebut di antaranya, mengemudikan kendaraan bermotor sambil menggunakan HP, pengemudi di bawah umur, berboncengan lebih dari satu orang dan tidak menggunakan helm Standar Nasional Indonesia (SNI).

Ada pula penindakan untuk pengemudi ranmor yang dalam pengaruh alkohol, melawan arus, serta bagi pengendara mobil yang tidak menggunakan sabuk pengaman atau safety belt. Namun, pada operasi ini, petugas tidak melakukan tindakan berupa razia.

Kapolres Berau AKBP Anggoro Wicaksono mengatakan, ops keselamatan Mahakam 2022 ini mengedepankan giat preemtif (konsultasi) dan preventif (pencegahan) yang dilakukan secara persuasif (meyakini) dan humanis dalam rangka meningkatkan kepatuhan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas.



“Untuk penindakan yang bersifat razia itu tidak ada, kecuali yang kasat mata dan tertangkap tangan,” ucap AKBP Anggoro Wicaksono, Selasa (1/3/2022).

Kapolres menyebut, yang diutamakan pada operasi kali ini adalah sosialisasi, imbauan yang bersifat edukatif dan pencegahan. Untuk penindakan hanya kepada pelanggar yang kasat mata atau tertangkap tangan di depan petugas.

“Kita laksanakan penindakan dengan tilang, razia yang stasioner, pakai palang, enggak. Ini kan pola operasi keselamatan, jadi menyadarkan kedisiplinan dan kepatuhan masyarakat,” kata dia.

Selain itu, Anggoro menjelaskan kalau saat ini situasinya masih pandemi, sehingga tidak melakukan razia. Interaksi antara petugas dengan pengendara juga bisa berbahaya dan meningkatkan penyebaran virus.(mik)

Bagikan

Subscribe to Our Channel