Follow kami di google berita

Manfaatkan DAK dari Kementerian Pariwisata untuk Pengembangan Destinasi Wisata

A-News.id, Tanjung Redeb – Kabupaten Berau tahun ini mendapat kucuran Dana Alokasi Khusus (DAK) Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) dari Kementrian Pariwisata.

Wakil Ketua Komisi III DPRD Berau, Abdul Waris mengatakan, kucuran dana dari Kementrian Pariwisata sebesar Rp 15 Miliar, diperuntukan bagi pengembangan destinasi wisata baru di kawasan Pulau Derawan hingga Maratua.

Dijelaskannya, dalam pengembangan pariwisata yang bakal jadi prioritas, diantaranya, tempat kuliner khas daerah dan penataan kawasan.

“Kenapa kita mendapat bantuan ini, karena Derawan masuk dalam KSPN. Dalam kategori pengembangan pariwisata baru,” jelasnya, Sabtu (23/9/2023).

Ia mengaku, pada tahun-tahun sebelumnya, Kabupaten Berau tidak mendapatkan bantuan DAK, lantaran pihak Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) tidak memiliki perencanaan pengembangan wisata yang ada di Berau.

“Tahun ini kita sudah punya master plan sehingga kucuran dana tersebut kembali kita dapatkan. Dengan dana ini harus benar-benar kita gunakan,” ujarnya.

Dia berharap, alokasi anggaran ini betul-betul digunakan untuk pengembangan wisata.

Sementara itu, Kepala Disbudpar Berau, Ilyas Natsir menyampaikan, pada tahun ini, DAK dari Kementerian Pariwisata akan difokuskan pada pembangunan kios cenderamata dahulu. Kemudian, pada tahap kedua, kata dia, akan dilaksanakan pembangunan khusus tempat kuliner tidak jauh dari kios tersebut.

“Jadi tahun ini harusnya sudah selesai dan bisa digunakan untuk menjual cenderamata. Untuk tempat kuliner akan di bangun di pinggir pantai di tahun depan,” jelasnya.

Diharapkan, dari pembangunan sektor pariwisata, dapat memberikan penataan ruang yang lebih baik lagi. Terlebih, bagi pengunjung baik lokal maupun luar daerah bisa tertarik pada destinasi wisata yang tengah dibangun saat ini.

“Kedepan akan lebih tertata dan lebih bagus. Jadi dari estetikanya orang datang melihat juga senang,” imbuhnya. (ADV/to)

Bagikan

Subscribe to Our Channel