Follow kami di google berita

Pengawas Ketenagakerjaan : Perusahaan yang banyak berdarah, produknya dibeli murah bahkan tidak dibeli

A-News.id, Berau – Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) adalah sebuah upaya untuk memelihara dan juga meningkatkan kesehatan fisik tubuh pekerja, meningkatkan kesehatan mental pekerja dan juga meningkatkan kesehatan sosial pada setiap para pekerja yang bekerja di perusahaan. Pelaksanaan K3 itu penting maka di setiap perusahaan ada sistem manajemen K3 dan ada Ahli K3. Selain itu begitu banyak perangkat terkait Program K3 itu.

“Diluar itu, di pemerintah setiap tahun ada yang namanya Bulan K3 di bulan Januari, itu kita perlombakan bagi perusahaan yang tidak ada kecelakaan kerja selama setahun (Zero Accident), maka itu diberi hadiah, mulai dari Gubernur, kalau nanti lolos sampai Menteri, ujar Sa’ban, Koordinator Pengawas Ketenagakerjaan Disnaker Provinsi Kaltim – Wilayah Berau, Rabu, 6/10/2021.

Menurut Sa’ban, memang pelaksanaan K3 di perusahaan itu konsekwensinya adalah budget, pasti ketika perusahaan melaksanakan K3 dengan baik, maka dia harus konsekwensinya mengeluarkan atau menyisihkan budget yang tinggi. Tetapi seorang pengusaha, seorang pimpinan perusahaan harus paham bahwa K3 itu bukan hanya cost pengeluaran tetapi ada implikasinya ke produktifitas.

“Jadi sering kami katakan bahwa K3 yang bagus di perusahaan maka produktifitasnya pasti bagus, sebaliknya K3 yang kurang bagus, sering terjadi kecelakaan, pasti produktifitasnya menurun, belum lagi dengan sering terjadi kecelakaan, kepercayaan masyarakat terhadap perusahaan itu akan turun, bahkan buyer-buyer di luar itu begitu care-nya terhadap keselamatan manusia, dia bahkan perusahaan yang banyak berdarah, produknya dibeli murah bahkan tidak dibeli dengan tidak keluarnya sertifikat ISO-nya,” imbuh Sa’ban.

Pemerintah melihat begitu pentingnya pelaksanaan K3 di setiap perusahaan sampai diadakannya bulan K3 dan reward/hadiah bagi perusahaan yang bisa mencapai tidak ada kecelakaan kerja (zero accident) dalam periode setahun.

”Ini adalah salah satu bentuk bagaimana pentingnya K3 di perusahaan sehingga pemerintah memberi hadiah bagi perusahaan yang bisa menjaga tidak terjadi kecelakaan kerja, mulai dari pemerintah provinsi sampai pemerintah pusat memberi reward kepada perusahaan yang bisa mencapai zero accident,“ ujar Sa’ban lagi

Artinya penting di sini, penting tidak hanya untuk pemerintah, bahkan kalau pengusaha itu cara berfikirnya ‘profit oriented’. Ini ternyata K3 itu profit oriented, karena dengan sering terjadinya kecelakaan pasti produktifitas menurun,” tambah Sa’ban.

Ditambahkan Sa’ban, memang di setiap tahun dari 12 Januari sampai 12 Februari disebut ‘Bulan K3’, namun bukan berarti pelaksanaan K3 itu hanya di bulan-bulan itu saja, tetapi sepanjang tahun dan selamanya.

“Bukan juga berarti harus K3 di bulan-bulan itu saja, ini hanya momennya untuk memperingati. K3 itu ya untuk selamanya,” pungkasnya. (redaksi A-News)

Bagikan

Subscribe to Our Channel