Follow kami di google berita

Lonjakan Layanan di Hari Pertama, Puskesmas Kampung Bugis Minim Ruangan

A-News.id, Tanjung Redeb – Kepala Puskesmas Kampung Bugis, Bachri Karta Kesuma menyebut, pada hari pertama masuk kerja, permintaan layanan kesehatan oleh masyarakat kepada pihaknya mengalami peningkatan. Namun di sisi lain, tantangan yang harus ia terima adalah keterbatasan fasilitas ruangan yang masih belum memadai, Selasa (10/5/2022).

Hal tersebut, ia sampaikan saat Bupati Berau Sri Juniarsih melaksanakan inspeksi mendadak pada, Senin (9/5/2022) atau hari pertama masuk kerja setelah libur panjang Idul Fitri 1443 Hijriyah. Bachri mengaku, permintaan terkait gedung puskesmas baru sudah kerap diusulkan, namun terhambat lantaran menunggu Dana Alokasi Khusus (DAK).

Solusi yang hingga kini masih diperjuangkan yakni dengan meminjam eks kantor Disdukcapil yang berada di Mangga II, Tanjung Redeb sebagai gedung sementara puskesmas Kampung Bugis. Kata Bachri, dalam hal ini sudah mendapat angin segar dari Bupati, lantaran bisa ditempati hanya saja menunggu hingga pelaksanaan pekan olahraga (Porprov) Kaltim selesai. Karena kantor tersebut juga kini digunakan sebagai sekretariat Porprov.

“Kata ibu setelah porprov di November 2022, Inysa Allah mudahan bisa, karena ibu juga sudah melihat kondisi puskesmas kita ini yang memang banyak keterbatasan ruangan,” ungkapnya.

Bahkan kata Bachri, strategi yang juga sudah dibuat oleh pihak puskesmas dalam mengatasi tingkat lonjakan kunjungan yakni dengan membatasi pelayanan hanya 60 pasien dalam sehari. Sehingganya apabila kuota pasien sudah penuh maka loket akan segera ditutup.

Namun langkah yang demikian itu, terus dievaluasi demi pelayanan yang maksimal. Karena, kata Bachri pun setelah melandainya pandemi di Kabupaten Berau, tingkat kunjungan juga meningkat bahkan hingga mencapai 150 pasien dalam sehari.

“Jadi jam pelayanan kita tambah, dari yang awalnya loket hanya sampai jam 09.00 kalau sekarang agak siang baru tutup. Kalau yang sifatnya darurat, maka akan kita tangani secepatnya,” katanya.

“Di hari pertama masuk kerja ini pun, tetap akan kita layani sampai selesai, karena kita ketahui sendiri beberapa hari kita tutup,” pungkasnya. (mik)

Bagikan

Subscribe to Our Channel