Follow kami di google berita

Lokasi Pembangunan Rumah Sakit Ditetapkan Pemkab Berau, Target Pengerjaan Dimulai Tahun 2023

A-News.id, Tanjung Redeb – Lokasi pembangunan rumah sakit baru untuk Kabupaten Berau ditetapkan oleh Bupati Sri Juniarsih. Yang lokasi pembangunannya berada di Jalan Sultan Agung, Kelurahan Bedungun, Kecamatan Tanjung Redeb dengan luas lahan 10 hektare, Kamis (29/12/2022).

Secara teknis, Kepala Dinas Pengerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Berau Taupan Madjid menuturkan, untuk tahap pertama pembangunan akan mulai dikerjakan pada awal tahun 2023 diawali proses lelang dengan anggaran yang digelontorkan sebesar Rp288 miliar.

“Review designnya sudah selesai, dan untuk tahap pertama di awal Januari kita target lelang fisik,” katanya saat ditemui usai penetapan lokasi lahan pembangunan.

Seperti rekayasa perencanaan bangunan (review design) yang sudah selesai, di lahan seluas 10 hektare tersebut nantinya akan banyak bangunan baru di sekitar areal rumah sakit, seperti halnya penambahan kantor dan rumah singgah untuk para tenaga medis.

Tentunya dengan pembangunan gedung di atas lahan yang cukup luas tersebut, pengerjaan tidak bisa diselesaikan sekaligus. Maka dari itu, pemerintah Kabupaten Berau memasukkannya ke dalam proyek kontrak tahun jamak atau multi years contract dengan pengerjaan diselesaikan bertahap.

Seperti yang dikatakan Taupan, pada tahap pertama pengerjaan akan memakan biaya sebesar Rp288 miliar. Kemudian berlanjut tahap kedua, anggaran akan kembali digelontorkan lagi Rp415 miliar dan terakhir di tahap ketiga Rp180 miliar.

“Jadi totalnya sekitar Rp883 miliar, itu belum termasuk ke alat kesehatan, kalau alkes itu akan dibantu dari Kementerian Kesehatan melalui dan alokasi khusus (DAK), harapan kita alkes itu disesuaikan dengan perencanaan kita yang tentunya standar,” jelasnya.

Sementara itu Direktur utama RSUD Abdul Rivai, Jusram mengatakan, terkait dengan pembangunan RSUD yang baru merupakan salah satu impian oleh pihak rumah sakit tak terkecuali masyarakat. Apabila melihat dari perkembangan jumlah populasi warga Berau, menurutnya, layanan kesehatan memang perlu ditingkatkan.

“Di rumah sakit yang lama memang kami juga tengah merintis pengembangan seperti pemenuhan kebutuhan ruang inap pasien,” ucap Jusram.

“Namun dengan adanya rumah sakit yang baru ini tentunya lebih modern, yang akan lebih luas untuk memberikan pelayanan kesehatan masyarakat,” tandasnya. (mik)

Bagikan

Subscribe to Our Channel