Follow kami di google berita

Komisi I DPRD Berau akan Jadwalkan di Bamus terkait Perusahaan yang Izinkan Karyawan Cuti Keluar Berau

ANEWS, Berau – Menanggapi hearing Pemuda Kabupaten Berau (PEMKAB) dengan DPRD Berau, Senin (9/8) terkait masih banyaknya karyawan perusahaan tambang yang melakukan perjalanan cuti ke luar Berau di masa PPKM Level 4, Hj. Darlena, SE, dari Komisi I DPRD Berau. Senin. 9/8/2021 mengatakan kalau itu dilakukan perusahaan di masa PPKM memang itu tidak benar dan dia beserta anggota komisi I lainnya akan menjadwalkannya di bamus dewan.

Menurut Hj. Darlena, SE, Anggota Komisi I DPRD Berau hari ini rapat yang tidak masuk di bamus, ini dadakan, saya gak mendengar langsung apa yang disampaikan anak-anak mahasiswa itu. Masalah ketenagakerjaan yang masuk terus ke Berau. Kami dari Komisi I DPRD Berau selama PPKM ini belum pernah ada rapat dengan Disnaker dalam permasalahan datangnya terus tenaga kerja perusahaan dari luar.

Kalau di masa PPKM, karyawan perusahaan berdatangan dari luar Berau, waktunya itu kan memang sudah tidak benar, nanti akan kami bamuskan. Banyak sebenarnya tugas kami dari Komisi I untuk mempertanyakan kenapa sampai para penumpang yang merupakan tenaga kerja dari perusahaan turun dari pesawat itu tidak dijemput ke dalam. Padahal bis-bis bisa masuk ke dalam. Itu Apa penyebabnya dijemput di luar. Itu kan berbahaya buat masyarakat.

“Justru mereka itu beli makanan, saya lihat berhamburan, itu berbahaya buat kita, Kita mawas diri dengan adanya PPKM, dengan datangnya mereka, mereka yang bikin PPKM jadi ambyar,” ujar Darlena.

Terkait sidak, Darlena mengatakan nanti kita akan rapatkan dulu di Komisi I, apa yang disampaikan ketua komisi itu tidak seperti ini, kita nanti ada tahap-tahapannya, kita panggil mitra dulu, dinas ketenagakerjaan, terus nanti dari dinas itu penyampaiannya seperti apa, kalau memang anak-anak mahasiswa itu mengatakan tadi benar adanya temuan-temuan penumpang yang datang itu sudah berKTP domisili di Kabupaten Berau, kami perlu data juga itu.

Darlena,selaku perwakilaan masyarakat Kabupaten Berau, berharap kepada perusahaan memberikan pekerjaan kepada warga masyarakat Kabupaten Berau.

“Janganlah selalu mendatangkan orang dari luar, diutamakan dari lokal, karena biar bagaimanapun SDA dari sini, masa sumber daya alamnya dari Kabupaten Berau, yang dipakai bekerja semua orang-orang luar. Kita tidak menutup kemungkinan juga kalau orang luar itu mungkin skillnya lebih baik, lebih hebat, tapi tidak ada masalah dengan kita menerima pekerja lokal ini, terus kita bina dia sehingga dia nanti kedepannya lebih baik. Itu membuat kita tidak ketergantungan dari orang luar,” pungkasnya. (yf)

Bagikan

Subscribe to Our Channel