DPRD & Pemprov Kaltim Support Dana Penyelenggaraan Porprov Kaltim ke VII Tahun 2022 Di Kab Berau 

ANews, Berau – Panitia Besar (PB) Porprov Kaltim ke VII Tahun 2022 bersama Jajaran Pemerintah Kabupaten Berau dan Komite Olahraga Nasional (KONI) Kabupaten Berau, hari ini Senin, 9/8/2021 melakukan audiensi ke Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Kalimantan Timur yang dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Berau H. Gamalis sekalian juga ketua harian PB Porprov Kaltim VII. Rombongan tersebut langsung disambut oleh Kadispora Kaltim Agus Tianur beserta Jajarannya.

Audiensi ini dalam rangka kordinasi terkait pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Kaltim VII 2020 mendatang, yang akan dilaksanakan di Kabupaten Berau pada bulan November 2022. Pada paparan yang disampaikan oleh Agus Wahyudi, Plt. Asisten II Setda Berau, mengatakan saat ini tuan rumah sudah membangun Stadion Mini Teluk Bayur yang menjadi salah satu syarat tuan rumah Porprov.

Namun dalam pelaksanaannya masih banyak cabor yang masih membutuhkan pembangunan venue baru yang akan digunakan dalam pelaksanaan PORPROV yang akan datang. Dibutuhkan dana sebesar Rp. 150,6 Miliyar.

Selain itu juga dibutuhkan pembiayaan cukup besar pada pengadaan peralatan tanding sebesar Rp. 21,4 Miliyar serta pembiayaan operasional pelaksanaan Porprov. Untuk itu diperlukan kordinasi yang lebih intens agar persoalan sharing pembiayaan bisa segera diselesaikan.

Kadispora Kaltim dalam penyampaiannya menyatakan siap untuk melakukan pendampingan dan ikut memperjuangkan agar tuan rumah bisa mendapatkan support pembiayaan dari Anggaran Provinsi Kaltim agar Porprov tersebut bisa terlaksana dengan lancar sesuai jadwal yang telah ditetapkan.

Kemudian, Rombongan instansi terkait dari Kabupaten Berau melanjutkan perjalanan untuk melaksanakan audiensi kepada jajaran DPRD Kalimantan Timur yang disambut langsung oleh Ketua DPRD Kalimantan Timur H. Makmur, HAPK yang didampingi oleh Wakil Ketua DPRD Kaltim Seno Aji beserta Sigit Wibowo, termasuk Ketua Komisi IV Rusman Yakub.

Ketua Harian PB Porprov H. Gamalis menyampaikan tentang permohonan Berau selaku tuan rumah kepada DPRD Kaltim untuk bisa membantu mendukung agar pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) tersebut baik itu pembangunan fisik venue maupun juga berbagai kebutuhan pelaksanaan lainnya agar dapat terlaksana.

 

Ketua harian juga mengatakan untuk total kebutuhan anggaran Porprov Kaltim VII di tahun 2022 yang akan dilaksanakan di Kabupaten Berau tersebut sebesar Rp.222,528 Miliyar.

Ketua DPRD Kaltim H. Makmur sekaligus mantan Bupati Berau tersebut mengatakan akan siap memberikan dukungan penuh agar kebutuhan anggaran bisa didukung oleh DPRD Kalimantan Timur.

Anggaran ini juga, selain diupayakan melalui APBD-P Kaltim tentu juga bisa masuk di APBD Kaltim pada Tahun 2022.

Wakil Ketua DPRD Kaltim Seno Aji juga menuturkan bahwa Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) ini juga merupakan tanggung jawab Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur, tentu kegiatan ini wajib untuk di dukung penuh oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur termasuk melalui Dinas Pemudan dan Olahraga (Dispora) Kalimantan Timur, Apalagi Surat Keputusan Penetapan Tuan Rumah ditandatangani langsung oleh Gubernur Kalimantan Timur.

Sigit Wibowo ikut menambahkan, tentu kita semua harus sama-sama saling mengerti bahwa keadaan keuangan daerah juga cukup terserap melalui rasionalisasi penanggulangan Covid-19, Tetapi kondisi ini jangan sampai membuat persiapan Porprov terganggu sehingga instansi-instansi yang ikut terlibat harus tetap berjalan dengan optimis bahwa pandemi covid19 ini akan bisa segera berakhir sebelum pelaksanaan Porprov pada 2022 nanti.

Rusman Yakub juga menyampaikan bahwa beliau cukup berpengalaman selama 4 kali kegiatan Porprov sebelumnya, dimana memang sudah sewajarnya Pemerintah Provinsi Kaltim memberikan support kepada Berau sebagai tuan rumah, ini juga berlaku sama dengan tuan rumah – tuan rumah lainnya(yf)

Bagikan