KNPI HARUS BERSATU DEMI MENINGKATKAN PERJUANGAN PEMUDA INDONESIA

ANEWS. Berau – KNPI (Komite Nasional Pemuda Indonesia) merupakan salah satu organisasi yang menaungi kepemudaan di Indonesia.

Pemuda harus menyamakan langkah guna menyatukan gagasan dan upaya memperjuangkan aspirasi kaum muda. Upaya itu dimulai dari pembenahan wadah organisasi pemuda – KNPI, khususnya di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.

Seperti diketahui wacana Musyawarah Provinsi ramai diperbincangkan, dengan rencana akan menyatukan semua KNPI di Kalimantan timur. Hal tersebut diungkapkan oleh Desy Fitriansyah selaku Ketua I Organisasi dan Kaderisasi, Selasa 5/1.

Dirinya menjelaskan bahwa kepemimpinan KNPI yang ada di Kalimantan Timur berjumlah tiga kubu.

Desy mengatakan sudah waktunya kepengurusan organisasi kepemudaan KNPI di Berau maupun di Kalimantan Timur berikhtiar untuk mengenyampingkan perbedaan dan kembali bersatu setelah sempat terpecah beberapa waktu lalu di tingkat Kalimantan Timur maupun di Kabupaten Berau.

Namun hal tersebut berbeda dengan KNPI yang ada di Kalimantan Timur. Organisasi yang seharusnya menjadi naungan para pemuda tersebut malah terpecah jadi 3.

Desy sapaan akrabnya menjelaskan bahwa penyatuan kubu-kubu KNPI telah dilakukan beberapa bulan yang lalu, dengan usaha penyatuan tersebut maka diadakan Musyawarah Daerah.

“Sekitar bulan Februari ada Musda cuma sempat terhalang, karena ada pihak-pihak yang menginginkan sebenarnya KNPI di Berau itu bersatu, sehingganya Musda tersebut dihentikan dan mendapatkan kesepakatan untuk Musda bersama,” tuturnya.

Dirinya menambahkan wacana provinsi untuk mengadakan Musyawarah Provinsi akhir Januari mendatang, sangat berharap kegiatan tersebut dapat terlaksana dengan capaian-capaian sesuai apa yang diharapkan pemuda Kalimantan Timur, Khususnya di Kabupaten Berau.

“Dengan adanya Musda itu kita mengharapkan bisa menyatukan semua KNPI yang ada di Kalimantan Timur ini,” ujarnya.

“Karena kita sudah terlalu cape juga, kasihan OKP-OKP yang berada di bawah naungan KNPI tidak memliki induk, karena adanya kepentingan segelintir kelompok yang ingin memecahkan pemuda melalui gerakan KNPI ini sehingganya tak tercapai,” jelasnya.

Desy sangat setuju dengan adanya wacana penyatuan tersebut, dia pun menyayangkan adanya dinamika organisasi yang sebesar ini, padahal organisasi tersebut merupakan organisasi plat merah.

“Terus terang saja kalau untuk di Berau itu ada tiga KNPI, yang pertama itu kubunya Khairudin yang di Berau dipimpin oleh Pak Sakirman, dan yang kedua untuk di provinsi Donna Faruk, yang di Berau sini diketuai oleh Surya, dan yang ketiga adalah Sulfani untuk di provnsi dan untuk yang di Berau adalah Andi Amirullah,” pungkasnya.

Desy mengharapkan sebelum wacana Musyawarah provinsi itu terlaksana ketiga kubu tersebut, itu dapat bersepakat kembali untuk mengadakan Musda bersama. Berikan pemuda-pemuda di Kalimantan Timur ini keyakinan bahwa KNPI di Kaltim tak akan terpecah belah seperti yang kemarin-kemarin. (nov)

Bagikan