HARGA KEDELAI NAIK, PRODUSEN TAHU DAN TEMPE TERKENA IMBASNYA

ANEWS, Berau – Harga kedelai di Indonesia mengalami kenaikan, hal tersebut tentunya berimbas kepada produksi tahu dan tempe. Beberapa wilayah di Pulau Jawa mengalami kenaikan harga serta perubahanukuran tahu dan tempe. Kenaikan harga kedelai pun terjadi di Kabupaten Berau, Rabu (6/01/2021).

Kenaikan harga kedelai tersebut dibenarkan oleh salah satu produsen tahu dan tempe yang ada di Gang Wijaya, Kelurahan Bedungun, Tanjung Redeb. Pihaknya mengatakan kenaikan harga tersebut telah terjadi dari beberapa hari yang lalu.

“Iya mas benar harga kedelai naik dan harga kacang hijau juga naik mas dari beberapa hari yang lalu,”katanya.

“Kedelai dari harga Rp. 8.700 jadi Rp. 9.500 perkilonya, kacang hijau dari harga 25 ribu menjadi 28 perkilonya,” ungkapnya.

Pihaknya pun menambahkan untuk harga kecambah sudah mengalami kenaikan namun untuk harga tahu dan tempe belum ada kenaikan.

“Untuk kecambah memang mengalami kenaikan tapi tahu dan tempe belum. Untuk perubahan ukuran tahu maupun tempe belum, kita masih nunggu yang lain kalau ada ya kita ikuti,” pungkasnya.

“Kami berharap agar harga kedelai maupun kacang hijau kembali normal, agar roda perekonomian khususnya di Kabupaten Berau semakin membaik,” tutupnya. (nov)

Bagikan