Follow kami di google berita

Kewenangannya Dicabut, Diskan Akan Koordinasi Dengan DKP Provinsi

A-News.id, Tanjung Redeb — Aktivitas hilir mudik kapal besar di kawasan laut Maratua terus menjadi sorotan. Dikhawatirkan, akan memengaruhi ekosistem bawah laut Berau yang hingga saat ini menjadi salah satu daya tarik dunia.

Kepala Dinas Perikanan Berau, Dahniar Ratnawati mengatakan, ini merupakan kewenangan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalimantan Timur terkait dengan perairannya. Namun lalu lintasnya merupakan kewenangan Sahbandar.

“Kami tidak memiliki kewenangan lagi,” ujarnya.

Kendati tidak memiliki kewenangan, pihaknya akan tetap mengambil sikap. Yakni, dengan melakukan koordinasi antar pihaknya dengan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kaltim.

“Kami akan koordinasi untuk menyikapi persoalan ini,” terangnya.

Dikutip dari laman resmi, Direktorat Jenderal Pengelolaan Ruang Laut, Pulau Maratua termasuk pulau-pulau kecil terluar (outermost island) yang berbatasan dengan Malaysia. Pulau-pulau kecil terluar adalah kawasan strategis nasional tertentu (KSNT) yang hanya dapat dimanfaatkan untuk kepentingan pertahanan dan keamanan, pelestarian lingkungan, dan/atau kesejahteraan masyarakat.

Di Maratua, bisa menikmati indahnya laut yang jernih, pantai berpasir putih yang indah, sunset, serta banyak pilihan resort dengan berbagai fasilitas termasuk kamar yang memiliki akses langsung dengan laut.

Pulau Maratua merupakan atoll yang memiliki teluk berupa lagoon yang cukup tenang dan dangkal di bagian dalam. Perairan Pulau Maratua memiliki keragaman dan keindahan terumbu karang yang masih baik kondisinya, sehingga bagus untuk menyelam/diving ataupun snorkeling. Jika menyelam disini, kita bisa melihat banyak sekali biota laut seperti penyu, ikan-ikan karang, ikan pari, barracuda, dll. Suasana disini cukup hening, tenang, cocok untuk wisatawan yang ingin menjauh dari hiruk pikuk kota.

Terumbu karang yang indah bertipe fringing reef, diselingi padang lamun jenis Halodule uninervis menambah pesona eloknya wisata air bawah laut Pulau Maratua. Keindahan alam bawah lautnya merupakan surga bagi para penyelam, tidak hanya dari Indonesia tetapi juga mancanegara.

Pulau Maratua saat ini terus berbenah untuk menjadi destinasi wisata bahari yang lebih baik sehingga dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi 3kawasan dan kesejahteraan masyarakat lokal.(poh)

Bagikan

Subscribe to Our Channel