Follow kami di google berita

Kepala KUPP Kelas II Tanjung Redeb Resmikan Kegiatan Padat Karya Tahun 2021 di Lingkungan Pelabuhan Tanjung Redeb

ANEWS, Berau – Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (KUPP) Kelas II Tanjung Redeb, Berau, Jum’at, 25/6/2021 melaksanakan Kegiatan Padat Karya Tahun 2021, yang diresmikan langsung oleh Kepala KUPP Kelas II Tanjung Redeb, Hotman Siagian di Halaman KUPP.

Hadir dalam acara pembukaan kegiatan itu, antara lain Komandan KP3 Tanjung Redeb, Dansubdenpom VI/1-3 Berau, Kepala Kantor Bea dan Cukai Tarakan, Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan, Lurah Tanjung Redeb, Lurah Bugis, General Manager PT. Pelindo IV Tanjung Redeb, Pimpinan PT. Temas Tanjung Redeb, Pimpinan PT. SPIL Tanjung Redeb dan Ketua TKBM Tanjung Redeb serta para undangan lainnya.

Penyelenggara kegiatan menyampaikan bahwa Program Padat Karya yang dilaksanakan ini menjadi salah satu program prioritas nasional tahun 2021. Program tersebut sesuai arahan Presiden RI, Joko Widodo yang telah menginstruksikan untuk mendukung percepatan pengentasan kemiskinan bagi masyarakat yang terdampak wabah Covid-19 dan untuk menunjang pemulihan ekonomi nasional.

Yang menjadi dasar pelaksanaan kegiatan Padat Karya 2021 itu adalah Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 73 Tahun 2018 tentang Tata Cara Penyelenggaraan Program Padat Karya di Lingkungan Kementerian Perhubungan, Surat Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Nomor: PR.003/1/2/DJPL/2021 tanggal 11 Januari 2021 Perihal Rencana Program Padat Karya Tahun 2021 pada UPT di Lingkungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Surat Sekretaris Ditjen Perhubungan Laut Nomor: UM.006/15/5/DJPL/2021 tanggal 5 Maret 2021 Perihal Rencana Pelaksanaan Program Padat Karya Tahun 2021 Gelombang I dan Gelombang II pada UPT di Lingkungan Ditjen Hubla.

Program Kegiatan Padat Karya yang dilaksanakan oleh KUPP Kelas II Tanjung Redeb ini ditengarai merupakan yang pertama kali, yang dilakukan instansi vertikal di Kabupaten Berau.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan maksud mendukung upaya pemerintah untuk mengentaskan kemiskinan di seluruh Indonesia sesuai dengan tugas dan fungsi bidang tugasnya masing-masing,
Pada acara pembukaan itu juga diserahkan perangkat kerja kepada yang mewakili 14 orang pekerja yang akan melaksanakan pekerjaan padat karya tersebut.

Penyerahan alat kerja itu diawali oleh Kepala KUPP Kelas II Tanjung Redeb, dan diikuti oleh Dansubpom, KP3, Bea Cukai , dan yang mewakili operator, PT. Temas Berau dan lainnya.

Sementara Kepala KUPP Kelas II Tanjung Redeb, Hotman Siagian mengatakan bahwa kegiatan padat karya ini bertujuan untuk memberdayakan perekonomian masyarakat yang terdampak wabah Covid-19.

“Maksud tujuan kegiatan Padat Karya tahun 2021, kita telah melaksanakan acara pembukaan kegiatan padat karya tahun 2021 yang bertujuan untuk memberdayakan ekonomi masyarakat yang terdampak Covid-19. Dalam hal ini sesuai dengan arahan amanat dari pimpinan Kementerian Perhubungan, pada hari ini kita laksanakan kegiatan padat karya, yang mana dalam hal pelaksanaan kegiatan ini kita memberikan kesempatan bekerja kepada 14 orang masyarakat yang kehilangan pekerjaan di Kabupaten Berau, Yang nanti mereka akan melakukan kegiatan yang terdiri untuk perawatan perbaikan dermaga dan pengecatan Kantor KUPP Kelas II Tanjung Redeb,,” jelas Hotman.

Selain itu, KUPP bersama masyarakat dan TKBM bersama-sama membersihkan Pelabuhan Tanjung Redeb agar bersih dan dapat berjalan sesuai yang diharapkan. Dan logistik dapat berjalan lancar dan dapat diterima masyarakat dengan baik.

Kepala KUPP berharap kiranya yang 14 orang ini dapat untuk saat ini dan masyarakat sekitar nanti dapat menerima hasil dari kegiatan yang dilaksanakan selama kurang lebih 2 minggu.

“Nanti mereka akan bekerja disini, dan mereka akan digaji sesuai gaji harian yang telah dilaksanakan pada saat nanti setelah selesai bekerja,” jelasnya.

Hotman juga berharap nanti kedepannya, covid ini cepat berlalu dan masyarakat di wilayah Kabupaten Berau dan khususnya di pelabuhan dapat lebih sejahtera ekonominya bisa bangkit dan dapat mencukupi kebutuhan rumah tangga di keluarga masing-masing.

Sedangkan pihak Dansubpom Berau juga pihak Kantor Bea dan Cuka, KSA, dan SPIL berharap kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar dan siap mendukung adanya kegiatan padat karya ini.

Sementara yang mewakili operator, Wawan Nugrahi dari PT Temas menyampaikan sangat mendukung adanya kegiatan padat karya yang dilaksanakan KUPP Kelas II Tanjung Redeb, dan akan tetap mendukung bila kegiatan ini dilanjutkan.

Usai acara pembukaan, seluruh peserta kegiatan selanjutnya melaksanakan bersih-bersih di lingkungan Pelabuhan Tanjung Redeb. (gil/yud)

Bagikan

Subscribe to Our Channel