KASUS POSITIF MENINGKAT TAJAM, H. ABIDINSYAH HIMBAU PEMKAB BERAU LAKUKAN LOCKDOWN DAN SERUKAN WARGA JANGAN LENGAH SERANGAN KEDUA COVID-19

H. Abidinsyah

ANEWS, Berau – Dengan meningkatnya kasus positif Covid-19 dalam beberapa hari terakhir, Rabu, 23/12 H. Abidinsyah, tokoh masyarakat Berau menyampaikan himbauan agar Pemkab Berau segera lakukan lockdown kembali, dan kepada warga Berau dihimbau agar lebih waspada dan jangan lengah terhadap “Serangan Kedua” wabah Covid-19 di Kabupaten Berau, dengan mematuhi semua anjuran dalam protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

“Jangan sampai Berau dari status Kuning, sekarang kembali Merah, jangan menjadi status Hitam. Ini akan menjadikan kita kembali ke titik 0 dalam penanganan pencegahan Covid-19,” tandasnya.

Haji Abidin, sekaligus menghimbau para perusahaan tambang yang beroperasi di Berau beserta sub kontraktornya, jangan menganggap remeh masalah penempatan rekrutmen antar kerja antar daerah (AKAD) dan perjalanan cuti karyawan yang juga sudah diingatkan pembatasannya melalui Surat Edaran Dirjen Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja Kemenaker RI.

Baca juga Hari ini ada 75 Pasien Positif Covid-19

Seperti dalam pemberitaan ANews terdahulu Dirjen PPTK dan PKK Kemenaker sudah mengeluarkan Surat Edaran Nomor B-8855/PK.01.00/IV/2020 tentang Penghentian Sementara Penempatan Tenaga Kerja Antar Kerja Antar Daerah (AKAD) dan Nomor B-15025/PK.01.00/VI/2020 tentang Penempatan Tenaga Kerja Antar Kerja Antar Daerah (AKAD) Pada Masa Pandemi Covid-19.

Karena diduga kuat dari klaster perjalananlah yang potensial menyebabkan merebaknya kembali covid-19.

Bahkan jauh sebelumnya, Bupati Berau dan Disnakertrans Kabupaten Berau juga sudah menyurati perusahaan-perusahaan yang beroperasi di Berau dengan Surat Bupati Berau Nomor 562/206.2 Penta, Surat Edaran Bupati Berau Nomor 562/767 2 Penta tentang Wajib Lapor Ketenagakerjaan dan Lowongan Kerja di Perusahaan dan Surat Disnakertrans Kabupaten Berau tentang Permintaan Data Tenaga Kerja Terdampak Covid-19, namun menurut Disnaker Berau belum ada yang memberikan laporan rinci mengenai data-data yang diminta, termasuk data karyawan PT SIS yang diduga terpapar covid-19.

Baca juga:  Disnaker Berau Tidak Didengar Himbauan Untuk Semua Sub Kontraktor Berau Coal Dengan Tidak Memberikan Laporan Terkait AKAD dan Rencana Perjalan Cuti Karyawan di Masa Pendemi seperti yang diminta

Sangat disayangkan pengawasan dan pencegahan serta penindakan dari instansi terkait, sepertinya tidak berdaya menghadapi keadaan itu.

Secara terpisah, Ketua Kadin Berau, Fitrial Noor, juga menyatakan bahwasanya dengan meningkat tajamnya kasus positif covid-19 di Berau, sependapat dengan himbauan Haji Abidin agar Pemkab Berau melakukan lockdown kembali guna memutus penyebaran Covid-19 ini.

Menurut Bung Pipiet, sapaan akrabnya lebih baik kita ketat dalam pencegahan daripada melakukan tindakan setelah terdampak wabah covid-19. Dengan meningkat tajam kasus positif, dia menghimbau warga agar ketat melaksanakan prokes covid dan kepada perusahaan tambang agar memperhatikan masalah perjalanan cuti karyawan maupun rekrutmen yang berasal dari luar Berau agar mengikuti himbauan pemerintah (jul/nov)

Bagikan