Follow kami di google berita

Jelang Akhir Tahun, Progres Poros Bumi Jaya – Tunggal Bumi Masih 58 Persen

A-News id, Tanjung Redeb – Progres kegiatan preservasi tiga jalan poros yang dilakukan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) tahun ini belum maksimal. Padahal sisa waktu tinggal menghitung hari.

Berdasarkan data yang diterima media ini dari DPUPR Berau per 19 Desember 2023, masih ada pengerjaan di bawah target. Yakni pengerjaan Jalan Poros Bumi Jaya – Tunggal Bumi yang masih 58 persen. Sementara Poros Harapan Jaya – Tepian Buah sudah mencapai 87 persen; dan Jalan Poros Muara Lesan 90 persen.

Menanggapi hal itu, Kepala Bidang (Kabid) Preservasi Jalan dan Jembatan DPUPR Berau, Junaidi, menjelaskan pembangunan jalan di Kabupaten Berau sepanjang tahun 2023 sebenarnya sudah berjalan maksimal. Persentase capaiannya diklaim terus meningkat setiap hari.

Dikatakannya, indikator penilaian maksimalnya pengerjaan proyek jalan itu diukur berdasarkan realisasi serapan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Berau Tahun Anggaran (TA) 2023 yang sudah mencapai 95,61 persen.

Walaupun realisasi APBD 2023 hampir mendekati target ideal, harus diakui tiga ruas jalan poros, yakni Harapan Jaya – Tepian Buah, Muara Lesan, dan Jalan Poros Bumi Jaya – Tunggal Bumi belum dikerjakan secara maksimal.

“Progres kegiatan murni 2023 saat ini 95,61 persen. Sehingga saat ini masih ada pekerjaan yang belum selesai. Tetapi akhir Desember perkiraan bisa selesai,” jelasnya, Rabu (20/12/2023).

Disampaikannya, tiga jalan poros yang belum dikerjakan itu sedang dalam tahapan pengaspalan dan atau pembangunan beton. Berbagai percepatan juga sedang diupayakan di lapangan. Tujuannya, agar tiga jalan poros itu segera diselesaikan akhir tahun ini.

“Karena pada umumnya tinggal pekerjaan aspal atau beton dan dalam tahap pelaksanaan. Sehingga perkiraan akhir Desember bisa tuntas,” imbuhnya. (*/wd/to)

Bagikan

Subscribe to Our Channel