Follow kami di google berita

Jaringan Internet Pedalaman Berau Terbantu dengan Lima BTS Baru

A-News.id, Tanjung Redeb — Kabar gembira bagi masyarakat di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Tahun ini, wilayah tersebut akan mendapatkan lima bantuan based transciever station (BTS) dari program Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo).

Bantuan BTS tersebut diharapkan dapat mempermudah masyarakat mengakses telekomunikasi dan internet, terutama bagi masyarakat di daerah pedalaman.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Berau, Didi Rahmadi, menjelaskan bahwa pihaknya mengusulkan 32 titik untuk dibangun BTS tersebut di kecamatan yang membutuhkan. Namun, sementara ini hanya dipenuhi lima tower saja.

“Kalau bantuan pemerintah pusat ini kami usahakan arah pembangunannya ke Kelay dan Segah,” ungkap Didi, belum lama ini.

Pemilihan Kecamatan Kelay dan Segah sebagai prioritas didasari oleh kebutuhan mendesak akan akses telekomunikasi di wilayah tersebut. Namun, Didi juga mengakui adanya kendala distribusi material ke daerah pedalaman Kelay.

“Distribusi material ke pedalaman memang agak susah,” ujarnya.

Selain dari Pemerintah Pusat, tahun ini rencananya akan ada tambahan bantuan 6 tower telekomunikasi juga dari Pemerintah Provinsi Kaltim. Namun, bantuan tersebut juga belum ditentukan lokasinya.

“Kami akan diskusikan kembali dengan pihak provinsi. Yang jelas harus memiliki jaringan fiber optik terlebih dulu,” ujarnya.

Didi menambahkan, untuk pembangunan tower di Kecamatan Kelay minimal harus 70 meter tingginya. Hal ini dikarenakan di sekitarnya banyak ditumbuhi pohon-pohon besar yang dapat mengganggu tower memancarkan sinyal.

Pembangunan BTS ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat di daerah pedalaman Berau dengan memberikan akses yang lebih mudah terhadap informasi dan komunikasi.

Sementara itu, Bupati Berau Sri Junairsih Mas berharap agar bantuan BTS tersebut dapat memberikan hal yang positif bagi masyarakat pendalaman. Dengan adanya bantuan tower ini, masyarakat pedalaman dapat lebih mudah berkomunikasi.

“Saya harap itu dapat berdampak positif bagi masyarakat, selain itu, pemerintah kabupaten berau juga tengah gencar memberikan akses internet gratis untuk masyarakat,” tandasnya. (yf/adv).

Bagikan

Subscribe to Our Channel