Follow kami di google berita

BMKG Prediksi Hujan Ringan hingga Sedang di Berau

A-News.id, Tanjung Redeb – Cuaca di Kabupaten Berau dan sekitarnya sangat terasa panas. Kondisi ini sudah mulai terasa beberapa hari terakhir ini.

Hawa panas yang berlangsung berdampak pada penjualan air conditioner (AC) maupun air coller. Makin banyak masyarakat membeli pendingin ruangan untuk meredam cuaca panas yang dirasakan.

Sementara, berdasarkan analisis dinamika atmosfer dari BMKG Stasiun Meteorologi Kelas III Kalimarau – Berau, potensi hujan ringan hingga sedang diprediksi terjadi di sebagian besar wilayah Berau pada tanggal 22 April 2024.

Kepala BMKG Berau, Ade Heryadi, dalam keterangannya pada hari Minggu, 21 April 2024, menjelaskan bahwa potensi hujan tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor, di antaranya:

• Daerah konfluensi yang terbentuk di Laut Sulawesi hingga Kalimantan Timur.

• Kondisi labilitas Sedang-Kuat di wilayah Kalimantan Timur.

“Secara umum, cuaca di Berau pada tanggal 22 April 2024 diprakirakan cerah berawan,” ujar Ade.

“Namun, potensi hujan ringan-sedang dapat terjadi di sebagian besar wilayah Berau pada siang hingga sore hari,” tambahnya.

BMKG menghimbau masyarakat di wilayah Berau untuk tetap waspada terhadap potensi cuaca ekstrem yang dapat terjadi.

BMKG menghimbau masyarakat di wilayah Berau untuk tetap waspada terhadap potensi hujan ringan-sedang yang dapat berpotensi menimbulkan genangan air di jalanan dan pemukiman.

Selain itu ade juga menambahkan informasi prakiraan pasang muara Sungai Berau tertinggi yaitu pada tanggal 26 dan 27 April 2024 dengan ketinggian 2.9 meter pada pukul 09.00 dan 10.00 WITA.

“Dan Prakiraan Surut Terendah setinggi 0.2 meter pada tanggal 24 dan 25 April 2024 pukul 15.00 WITA,” tandasnya. (Yf)

Bagikan

Subscribe to Our Channel