Follow kami di google berita

Infrastruktur Jadi Prioritas di Segah, Pemkab Berau Siapkan Rp 50 Miliar

A-News.id, Tanjung Redeb – Masyarakat Segah selalu menginginkan peningkatan infrastruktur jalan. Pasalnya, masih banyak, jalan di Segah yang kondisinya buruk.

Hal itu pun telah disampaikan dalam Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) yang terlaksana belum lama ini.

Kepala Dinas PUPR Berau, Taupan Majid menjelaskan pihaknya mengambil contoh di tahun ini, contohnya di Segah, Anggaran sekisar Rp 50 miliar pun digelontorkan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Berau untuk Kecamatan Segah.

Sebab, sesuai dengan permintaan masyarakat Kecamatan Segah banyak mengeluhkan infrastruktur jalan, jembatan dan drainase.

“Mengenai itu, kami sudah koordinasikan. Lalu, perencanaan studi kelayakan juga telah kami lakukan,” ujarnya.

Disebutnya, mengenai air bersih pihaknya sudah memiliki roadmap. Seperti saluran irigasi di Kampung Pandan Sari yang telah dianggarkan sebesar Rp 4,7 miliar.

“Anggaran tersebut sudah meliputi saluran air, jalan dan jembatan,” katanya.

Selain itu, beberapa kampung di Kecamatan Segah juga mengeluhkan listrik yang belum beroperasi 24 jam. Tetapi, disebut Taupan, pihaknya telah melakukan roadmap.

“Nantinya listrik itu ada di Kampung Punan Malinau, Long Ayan dan Punan Mahkam,” paparnya.

“Pada intinya apa yang diharapkan masyarakat sudah diakomodir sesuai dengan anggaran yang tersedia,” tambahnya.

Taupan meminta kepada seluruh Kepala Kampung, untuk berkoordinasi dengan Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) mengenai pemeliharaan infrastruktur.

“Semisal ada jalan yang rusak, ketika pihak kampung mengusulkan, kami akan perbaiki. Selain itu, kami juga bisa berkomunikasi dengan perusahaan untuk membantu bahan bakar atau material,” bebernya.

Kendati demikian, dirinya mengungkapkan bahwa, pemeliharaan infrastruktur kerap dilakukan pihaknya ketika menjelang natal dan lebaran.

“Kita tidak bisa berharap sepenuhnya kepada anggaran pemerintah. Peran pihak swasta juga sangat dibutuhkan dalam pembangunan,” tandasnya.

Sementara itu, Bupati Berau Sri Juniarsih mengatakan peningkatan infrastruktur jalan untuk menunjang perekonomian kampung. Di mana tahun ini akan direalisasikan di Kecamatan Segah.

Bupati Berau, Sri Juniarsih menuturkan, telah dianggarkan sebanyak Rp 15,6 miliar pada ruas jalan di Kampung Harapan Jaya menuju Tepian Buah yakni sepanjang 4 kilometer (Km). Yang diambil dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Berau 2023.

“Itu sudah masuk dalam Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Berau. Insya Allah akan segera terealisasi tahun ini,” katanya.

Diakuinya akses jalan masih menjadi prioritas untuk dilakukan perbaikan. Menjadi harapan bersama kondisi jalan di seluruh kabupaten bisa diperbaiki, namun pihaknya memiliki keterbatasan anggaran. Sehingga harus membuat skala prioritas untuk menentukan yang mana yang akan direalisasikan terlebih dahulu.

Sri berharap, akses jalan yang akan diperbaiki tahun ini bisa bermanfaat bagi masyarakat untuk menunjang perekonomian kampung. (Adv/Poh)

Bagikan

Subscribe to Our Channel